Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Warna dalam Desain Grafis

    Warna merupakan fenomena yang terjadi karena adanya tiga unsur yaitu cahaya, objek dan pengamat (observer). Proses terlihatnya warna adalah dikarenakan adnya cahaya yang menimpa suatu benda, dan benda tersebut menyerap dan memantulkan cahaya sampai kemata kita sehingga terlihat warna.

A. Cahaya

    Tingkat terangnya cahaya dinyatakan sebagai colour temperature dengan satua derajat kelvin, misalnya standar internasional untuk cahaya putih adalah 5000 derajat kelvin (D50), semakin tinggi nilai colour temperature akan menghasilkan warna kebiruan (bluish) dan semakin rendah colour temperature akan menghasilkan warna kekuningan (yellow wish). Contoh lampu kendaraan yang berwarna kuning dengan putih bahkan kebiruan. Contoh sumber cahaya yang lain adalah cahaya Matahari, lampu bohlam, lampu TL, lampu spot dll.

B. Objek/ Benda

    Objek sesungguhnya tidak memancarkan cahaya tetapi hanya memantulkan, meneruskan, dan menyerap cahaya.

C. Pengamat / Observer

    Mata berperan sebagai perekam warna, warna dalam pandangan bisa berbeda karena di pengaruhi : usia, jenis kelamin, kondidi fisik, mata, kondisi emosional, ukuran objek, warna background gambar dan juga sudut pandang. Salah satu alat yang di pakai untuk melihat dan mengukur warna yaitu Spectrophotometer.

Jenis-jenis warna

1. Warna Primer

    Warna Primer adalah warna dasar atau warna pokok dalam lingkaran warna yang tidak dapat diperoleh dari campuran warna lain. Warna Primer terdiri dari 3 warna dasr yaitu Red, Yellow, Blue.

2. Warna Sekunder

    Warna Sekunder adalah warna yang diperoleh dari campuran dua warna primer dengan perbandingan yang sama. Warna Sekunder terdiri dari ungu (percampuran warna merah dan biru), orange (percampuran warna merah dan kuning), dan hijau (percampuran warna biru dan kuning)

3. Warna Tersier

     Warna Tersier adalah warna yang merupakan hasil percampuran antara warna primer dan warna sekunder disebelahnya dengan perbandingan yang sama seperti kuning+orange = golden yellow, merah+orange = burnt orange, kuning+hijau = ime green.

4. Warna Analogus

    Adalah warna yang letaknya berdampingan dalam lingkaran warna, contoh warna ungu menuju warna merah

5. Warna Kontras atau komplementer

    adalah warna yang berkesan berlawanan satu dengan yang lainnya. contoh merah dan hijau.

Semoga bermanfaat, terimakasih.

Posting Komentar untuk "Warna dalam Desain Grafis"