Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana sikap kalian ketika hendak pergi ke sekolah? Kunci Jawaban Aktifitas Kelompok Aku Anak Saleh PAI SD Kelas 4 BAB 8 Halaman 133 Kurikulum Merdeka

Artikelguru.my.id - Halo Sobat guru, kali ini kita akan membahas kunci jawaban aktifitas kelompok aku anak saleh.

Soal yang akan kita bahas kali ini bisa ditemukan pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 Halaman 133 Kurikulum Merdeka.

Rasulullah saw. adalah teladan dan contoh paling sempurna bagi kita. Beliau selalu berucap dan bertindak benar (sidik), menyampaikan kebenaran (tablig), terpercaya (amanah), dan cerdas (fatanah). Anak yang saleh adalah anak yang selalu meneladani dan mencontoh akhlak Rasulullah saw.

Anak saleh selalu berperilaku baik. Salah satu yang dilakukan anak saleh adalah selalu mengucapkan salam. Menyampaikan salam termasuk perilaku yang terbaik.Salam artinya damai. Salam juga berarti pernyataan hormat, tabik, atau ucapan assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam disampaikan ketika kita bertemu. Salam diucapkan ketika hendak berpamitan atau berpisah. Salam diucapkan ketika masuk rumah. Salam diucapkan ketika hendak bertamu ke rumah orang lain. Salam diucapkan juga ketika memulai menelepon. Orang yang mendengar ucapan salam hendaknya menjawab dengan ucapan serupa, yaitu Wa'alaikum salam warohmatullohi wabarokatuh.

Soal

Aktifitas Kelompok
  1. Bagaimana sikap kalian ketika hendak pergi ke sekolah?
  2. Bagaimana sikap kalian jika bertemu dengan sahabat?
  3. Bagaimana sikap kalian jika memulai menelepon?
  4. Bagaimana sikap kalian jika bertamu ke rumah sahabat?
  5. Mengapa kita perlu menyampaikan salam?

Kunci Jawaban

  1. Sikap yang kita harus lakukan ketika berangkat sekolah adalah berpamitan kepada Ayah Ibu dan juga mengucapkan salam.
  2. Sikap yang harus kita lakukan ketika bertemu sahabat adalah menyapanya dengan mengucap salam dan menanyakan kabarnya.
  3. Sikap yang harus kita lakukan ketika memulai menelepon adalah membuka percakapan dengan mengucap salam.
  4. Sikap yang harus dilakukan ketika bertamu ke rumah sahabat adalah dengan mengucap salam ketika masuk rumah, dan berperilaku sopan selama berada di rumah sahabat.
  5. Kita perlu menyampaikan salam karena menyampaikan salam termasuk perilaku yang terbaik. Dikisahkan, seseorang bertanya kepada Rasulullah, mana ajaran Islam yang terbaik? Rasulullah saw. menjawab, “Memberi makan kepada fakir miskin dan memberi salam kepada orang yang engkau kenal dan orang yang belum engkau kenal. (H.R. Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin ‘Amr r.a.).

Penutup

Demikian pembahasan dan kunci jawaban aktifitas kelompok aku anak saleh PAI SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Semoga pembahasan diatas dapat membantu sobat guru dalam belajar. Semoga bermanfaat!

Disclaimer:

Kunci Jawaban di atas hanya sebagai bantuan belajar bukan sebagai acuan utama dan satu satunya. Oleh sebab itu kunci jawaban di atas tidak mutlak kebenarannya dan bisa berbeda dengan sumber lain.

Posting Komentar untuk "Bagaimana sikap kalian ketika hendak pergi ke sekolah? Kunci Jawaban Aktifitas Kelompok Aku Anak Saleh PAI SD Kelas 4 BAB 8 Halaman 133 Kurikulum Merdeka"