Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Poster Ajakan Meniru Sifat Rasul, Kunci Jawaban Aktifitas Kelompok PAI SD Kelas 4 BAB 7 Halaman 123 Kurikulum Merdeka

 


Artikelguru.my.id - Halo Sobat guru, kali ini kita akan membahas kunci jawaban aktifitas kelompok membuat poster ajakan meniru sifat rasul.

Soal yang akan kita bahas kali ini bisa ditemukan pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 BAB 7 Halaman 123 Kurikulum Merdeka.

Rasul memiliki empat sifat wajib artinya empat sifat yang harus dimiliki rasul. Yaitu sidik, tablig, amanah, dan fatanah, disingkat STAF. Kebalikan dari sifat wajib bagi rasul yaitu sifat mustahil. Sifat mustahil bagi rasul artinya sifat yang tidak boleh dan tidak mungkin dimiliki rasul. Yaitu kizib, kitman, khianat dan baladah.

Sidik artinya berucap dan bertingkah laku yang benar. Rasul tidak pernah berbohong (kizib). Tablig artinya menyampaikan seluruh wahyu kepada umatnya dan tidak menyembunyikannya sedikit pun (kitman). Amanah artinya dapat dipercaya. Rasul tidak mengkhianati manusia dalam sikap atau titipan yang diamanatkan kepada-Nya. Terakhir, fatanah artinya cerdas. Dengan kecerdasannya, rasul memahami dengan baik apa yang diwahyukan kepadanya. Apa yang disampaikannya benar-benar sesuai dengan wahyu yang diterimanya. Dengan kecerdasannya pula, para rasul selalu bertindak dan bersikap dengan bijaksana. Rasul tidak pernah salah paham (baladah).

Aktifitas Kelompok

1. Buatlah karya poster bersama kelompok kecil berupa:
a.Ajakan untuk meniru sifat wajib rasul
b. Ajakan untuk menghindari sifat mustahil rasul
2. Karya poster dapat dibuat di kertas hvs/kertas buram/kertas bekas
atau menggunakan teknologi informasi.
3. Pajanglah hasil karya kalian!
4. Berikan komentar hasil karya poster kelompok lain!

Berikut beberapa contoh poster ajakan meniru sifat wajib rasul dan ajakan untuk menghindari sifat mustahil bagi rasul. Sobat guru dapat mengubah bentuk, warna, tulisan, ataupun menambahkan gambar.





Penutup

Demikian contoh poster ajakan meniru sifat wajib rasul dan ajakan untuk menghindari sifat mustahil bagi rasul PAI SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Semoga pembahasan diatas dapat membantu sobat guru dalam belajar. Semoga bermanfaat!

Disclaimer:

Kunci Jawaban di atas hanya sebagai bantuan belajar bukan sebagai acuan utama dan satu satunya. Oleh sebab itu kunci jawaban di atas tidak mutlak kebenarannya dan bisa berbeda dengan sumber lain.

Posting Komentar untuk "Contoh Poster Ajakan Meniru Sifat Rasul, Kunci Jawaban Aktifitas Kelompok PAI SD Kelas 4 BAB 7 Halaman 123 Kurikulum Merdeka"