Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Aku Anak Saleh, Ayo Kerjakan PAI SD Kelas 4 Halaman 148 Kurikulum Merdeka

 


Artikelguru.my.id - Halo Sobat guru, kali ini kita akan membahas kunci jawaban Aku Anak Saleh.

Soal yang akan kita bahas kali ini bisa ditemukan pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 BAB 8 Halaman 148 Kurikulum Merdeka.

Sebelumnya, sobat guru bisa membaca materi mengenai salam, tolong menolong dan munafik pada bab aku anak saleh.

Salam

Menyampaikan salam termasuk perilaku yang terbaik. Dikisahkan, seseorang bertanya kepada Rasulullah, mana ajaran Islam yang terbaik? Rasulullah saw. menjawab, “Memberi makan kepada fakir miskin dan memberi salam kepada orang yang engkau kenal dan orang yang belum engkau kenal. (H.R. Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin ‘Amr r.a.).

Anak-Anak, tahukah kalian, apakah salam itu? Salam artinya damai. Salam juga berarti pernyataan hormat, tabik, atau ucapan assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam disampaikan ketika kita bertemu. Salam diucapkan ketika hendak berpamitan atau berpisah. Salam diucapkan ketika masuk rumah. Salam diucapkan ketika hendak bertamu ke rumah orang lain. Salam diucapkan juga ketika memulai menelepon. Orang yang mendengar ucapan salam hendaknya menjawab dengan ucapan serupa.

Menyampaikan salam hukumnya sunnah. Jika mendengar ucapan salam, maka kita wajib menjawabnya. Berarti, “jika saya mengajak damai, maka kalian wajib menjaga damai juga.” Atau “jika kalian mengajakku damai, maka saya wajib menjaga damai juga.”

Tolong Menolong

Anak-Anak, kita senang jika memiliki sahabat. Kita hidup bertetangga. Kita juga berada di tengah masyarakat. Seyogyanya kita hidup saling menolong. Rasul saw. memberikan teladan dan contoh. Beliau selalu membantu orang yang membutuhkan pertolongan. Beliau juga menjenguk anak tetangganya yang sakit. Padahal tetangganya itu berbeda agama dan sangat membenci Nabi.

Allah Swt. memerintahkan kita untuk saling menolong dalam kebaikan dan takwa. Saling menolong dalam kebaikan berarti saling menolong dalam melakukan yang diperintahkan Allah. Saling menolong dalam takwa berarti saling menolong untuk takut kepada larangan-Nya. Allah Swt. melarang kita untuk saling menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan.

Ciri-Ciri Munafik

Anak-Anak, Rasulullah menjadi teladan dan contoh bagi kita. Beliau selalu berkata jujur dan menepati janji.

Jujur merupakan salah satu sifat terpuji yang disukai oleh Allah. Jujur artinya lurus hati, tidak berbohong, atau berkata apa adanya. Jujur juga berarti tidak curang, misalnya dalam permainan, atau menuruti aturan yang berlaku. 

Jujur harus dilakukan dalam perkataan maupun perbutanan. Jujur dalam perkataan berarti mengatakan yang sebenarnya, tidak mengada-ada. Jujur dalam perbuatan berarti mengerjakan sesuatu menuruti petunjuk atau aturan yang berlaku.

Jika kalian berjanji dengan teman atau siapa saja, biasakanlah mengucapkan insyaallah. Insyaallah artinya jika Allah berkehendak. Ucapan insyaallah bertujuan mengingatkan pengucap untuk bertekad bulat dan bersiap untuk mewujudkan janji. Pada saat yang sama, pengucap janji dan seseorang yang dijanjikan menyadari bahwa ia tidak mandiri dalam mewujudkan janjinya.

Rasulullah saw. juga selalu menjaga amanah. Amanah artinya sesuatu yang dipercayakan atau dititipkan pada orang lain. Amanah juga berarti keamanan dan ketenteraman. Orang yang mendapat amanah memiliki sifat dapat dipercaya dan setia. Dengan demikian, amanah diserahkan oleh pemiliknya kepada orang yang dipercaya akan memelihara amanah itu. Apa yang diserahkan itu aman di tangan penerima amanah.

Ayo Kerjakan!
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
  1. Mengapa perlu mengucapkan salam?
  2. Kapan salam diucapkan?
  3. Mengapa perlu saling melindungi?
  4. Bagaimana seharusnya sikap kalian jika berbicara?
  5. Contohkan jujur dalam berbuat!
  6. Bagaimana sikap kalian jika berjanji?
  7. Bagaimana sikap kalian jika mendapat amanah?
  8. Jelaskan ciri-ciri munafik!

Kunci Jawaban:

  1. menyampaikan salam termasuk perilaku yang terbaik. Menyampaikan salam dapat membawa kedamaian.
  2. Ketika bertemu, hendak berpisah atau bertamu ke rumah orang atau masuk rumah.
  3. Kita senang jika memiliki sahabat. Kita hidup bertetangga. Kita juga berada di tengah masyarakat. Seyogyanya kita hidup saling menolong.
  4. jujur, berkata yang sebenarnya dan apa adanya.
  5. Mengerjakan tugas sendiri ketika ulangan, tidak menyontek, membayar uang sesuai harga di kantin kejujuran, dll.
  6. Menepati janji; ketika berjanji mengucapkan insya Allah.
  7. Menjaga amanah.
  8. berkata dusta, ingkar janji, khianat terhadap amanah dan kikir.

Demikian pembahasan dan kunci jawaban mengenai salam, tolong menolong dan ciri orang munafik pada bab aku anak saleh PAI SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Semoga pembahasan diatas dapat membantu sobat guru dalam belajar. Semoga bermanfaat!

Disclaimer:

Kunci Jawaban di atas hanya sebagai bantuan belajar bukan sebagai acuan utama dan satu satunya. Oleh sebab itu kunci jawaban di atas tidak mutlak kebenarannya dan bisa berbeda dengan sumber lain.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Aku Anak Saleh, Ayo Kerjakan PAI SD Kelas 4 Halaman 148 Kurikulum Merdeka"