Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Mengucap Salam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 Halaman 133 Kurikulum Merdeka



Artikelguru.my.id - Halo Sobat guru, kali ini kita akan membahas kunci jawaban Aku Anak Saleh terkait salam.

Soal yang akan kita bahas kali ini bisa ditemukan pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 Halaman 133 Kurikulum Merdeka.

Sebelumnya, sobat guru bisa mengamati gambar yang ada pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 Halaman 132. Setelah memengamati gambar, sobat guru diharapkan bisa memberikan komentar dari aktifitas-aktifitas yang ada pada gambar.

Berikut pembahasan dan kunci jawaban meteri salam bab aku anak saleh. Mari kita simak bersama!

Pembahasan Materi

Menyampaikan salam termasuk perilaku yang terbaik. Dikisahkan, seseorang bertanya kepada Rasulullah, mana ajaran Islam yang terbaik? Rasulullah saw. menjawab, “Memberi makan kepada fakir miskin dan memberi salam kepada orang yang engkau kenal dan orang yang belum engkau kenal. (H.R. Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin ‘Amr r.a.).

Anak-Anak, tahukah kalian, apakah salam itu? Salam artinya damai. Salam juga berarti pernyataan hormat, tabik, atau ucapan assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam disampaikan ketika kita bertemu. Salam diucapkan ketika hendak berpamitan atau berpisah. Salam diucapkan ketika masuk rumah. Salam diucapkan ketika hendak bertamu ke rumah orang lain. Salam diucapkan juga ketika memulai menelepon.

Lalu siapa yang lebih dahulu menyampaikan salam? Dari kisah di atas, kitamenjadi tahu bahwa Rasulullah mendahului menyapa dan menyampaikansalam ketika bertemu dengan siapa pun, laki-laki, perempuan atau anak-anak. Menurut Rasul, orang yang memulai salam adalah orang yang paling utama di sisi Allah.

Rasulullah saw. juga mengajarkan, “Hendaklah orang yang berkendaraanmemberi salam kepada orang yang berjalan kaki, orang yang berjalan kaki memberi salam kepada orang yang duduk, kelompok orang yang sedikit memberi salam kepada kelompok yang banyak, dan kelompok orang yang muda memberi salam kepada kelompok yang tua.” (Riwayat al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah r.a.)

Soal

Amatilah Gambar berikut!



Berilah komentar gambar tersebut dalam aktifitas berikut!
  1. Bagaimana sikap kalian ketika hendak pergi ke sekolah?
  2. Bagaimana sikap kalian jika bertemu dengan sahabat?
  3. Bagaimana sikap kalian jika memulai menelpon?
  4. Bagaimana sikap kalian jika bertamu ke rumah sahabat?
  5. Mengapa kita perlu menyampaikan salam?

Kunci Jawaban

  1. Sikap yang dilakukan ketika pergi sekolah adalah berpamitan dengan orang tua dan juga mengucap salah.
  2. Sikap  yang dilakukan ketika bertemu sahabat dengan memulai menyapa dan juga memberi salam.
  3. Sikap  yang dilakukan ketika memulai telpon adalah dengan mengucap salam dan jika perlu menanyakan kabar.
  4. Sikap yang dilakukan ketika bertamu kerumah sahabat adalah dengan mengutamakan adab seperti sebelum masuk rumah membaca salam terlebih dahulu.
  5. Kita perlu menyampaikan salam karena salam termasuk perilaku baik yang banyak memiliki manfaat.
Demikian pembahasan dan kunci jawaban mengenai salam bab 8 materi Aku anak saleh PAI SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Semoga pembahasan diatas dapat membantu sobat guru dalam belajar. Semoga bermanfaat!

Disclaimer:

Kunci Jawaban di atas hanya sebagai bantuan belajar bukan sebagai acuan utama dan satu satunya. Oleh sebab itu kunci jawaban di atas tidak mutlak kebenarannya dan bisa berbeda dengan sumber lain.




Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Mengucap Salam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 Halaman 133 Kurikulum Merdeka"