Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Makna Iman Kepada Rasul Allah dan Sifat Wajib Rasul Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 Halaman 122 Kurikulum Merdeka


 

Artikelguru.my.id - Halo Sobat guru, kali ini kita akan membahas kunci jawaban materi Beriman Kepada Rasul-Rasul Allah terkait sifat wajib dan sifat mustahil bagi rasul.

Soal yang akan kita bahas kali ini bisa kalian temukan pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 Halaman 122 Kurikulum Merdeka. 

Sebelumnya sobat guru bisa membaca meteri mengenai makna iman kepada rasul dan sifat-sifat rasul terlebih dahulu. Setelah membaca materi, diharapkan dapat memasangkan sifat wajib bagi rasul dengan artinya dan sobat guru dapat memasangkan sifat wajib dan sifat mustahil bagi rasul.

Berikut pembahasan dan kunci jawaban materi Beriman Kepada Rasul-Rasul Allah terkait sifat wajib dan sifat mustahil bagi rasul. Mari kita simak bersama!

Makna Iman Kepada Rasul-Rasul Allah

Anak-Anak, tahukah kalian, apakah iman itu?

Iman artinya percaya. Ada sahabatmu berkata, “Di saku celanaku ada uang sebanyak sepuluh ribu rupiah.” Hatimu membenarkan yang diucapkan sahabatmu. Itu berarti kamu percaya ada uang dalam saku. Tetapi jika sebelumnya kalian telah melihat uang itu di saku sahabatmu, lalu mendengar ucapan di atas, itu tidak dinamai percaya, tetapi tahu.

Iman kepada rasul-rasul Allah berarti kalian percaya bahwa Allah mengutus rasul-rasul-Nya sebagai teladan dan contoh bagi manusia.

Anak-Anak, tahukah kalian bahwa Nabi Muhammad saw. juga rasul-rasul lain adalah manusia biasa? Ya, mereka makan, minum, mempunyai keluarga dan anak-anak, juga bekerja. Mengapa kita perlu menjadikan mereka teladan dan idola? Karena mereka memiliki akhlak yang baik. Allah mengangkat mereka menjadi rasul, karena memiliki empat sifat yang baik.

Tahukah kalian, apa sajakah empat sifat baik yang dimiliki rasul?
Ayo, kita belajar tentang sifat-sifat Rasul!

Sifat-Sifat Rasul

Allah mengangkat seseorang menjadi rasul, karena memiliki empat sifat yang baik. Tahukah kalian, apa sajakah empat sifat baik yang dimiliki rasul?

Rasul memiliki empat sifat wajib artinya empat sifat yang harus dimiliki rasul. Apa sajakah empat sifat wajib bagi rasul? Ya, sidik, tablig, amanah, dan fatanah, disingkat STAF. 

Kebalikan dari sifat wajib bagi rasul yaitu sifat mustahil. Anak-Anak, tahukah kalian apa arti sifat mustahil bagi rasul? Sifat mustahil bagi rasul artinya sifat yang tidak boleh dan tidak mungkin dimiliki rasul. Apa sajakah sifat mustahil bagi rasul? Ya, kizib, kitman, khianat dan baladah.

Sidik artinya berucap dan bertingkah laku yang benar. Rasul tidak pernah berbohong (kizib). Tablig artinya menyampaikan seluruh wahyu kepada umatnya dan tidak menyembunyikannya sedikit pun (kitman). Amanah artinya dapat dipercaya. Rasul tidak mengkhianati manusia dalam sikap atau titipan yang diamanatkan kepada-Nya. Terakhir, fatanah artinya cerdas. Dengan kecerdasannya, rasul memahami dengan baik apa yang diwahyukan kepadanya. Apa yang disampaikannya benar-benar sesuai dengan wahyu yang diterimanya. Dengan kecerdasannya pula, para rasul selalu bertindak dan bersikap dengan bijaksana. Rasul tidak pernah salah paham (baladah).

Aktifitasku

1. Pasangkan sifat wajib bagi rasul dan artinya!


2. Pasangkan sifat wajib dan sifat mustahil bagi rasul!


Jawaban:

1. Pasangan sifat wajib dengan artinya:
  • Sidik artinya berucap dan bertingkah laku yang benar atau terpercaya.
  • Tablig artinya menyampaikan seluruh wahyu kepada umatnya.
  • Amanah artinnya dapat dipercaya atau terpercaya.
  • Fatanah artinya cerdas.


2. Pasangan sifat wajib dan sifat mustahil bagi rasul:
  • Sidik artinya berucap dan bertingkah laku yang benar. Rasul tidak pernah berbohong (kizib).
  • Tablig artinya menyampaikan seluruh wahyu kepada umatnya dan tidak menyembunyikannya sedikit pun (kitman).
  • Amanah artinya dapat dipercaya. Rasul tidak khianat terhadap manusia dalam sikap atau titipan yang diamanatkan kepada-Nya.
  • Fatanah artinya cerdas. Dengan kecerdasannya, para rasul selalu bertindak dan bersikap dengan bijaksana. Rasul tidak pernah salah paham (baladah).

Demikian pembahasan mengenai sifat-sifat rasul pada materi beriman kepada rasul-rasul Allah PAI SD kelas 4 Kurikulum merdeka. Semoga pembahasan diatas dapat membantu sobat guru dalam belajar. Semoga bermanfaat!

Disclaimer:
Kunci jawaban di atas hanya sebagai bantuan belajar dan bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya. Oleh sebab itu kunci jawaban di atas tidak mutlak kebenarannya dan bisa berbeda dengan sumber lainnya.




Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Makna Iman Kepada Rasul Allah dan Sifat Wajib Rasul Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 Halaman 122 Kurikulum Merdeka"