Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Tujuan Diutusnya Rasul Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 Halaman 126 Kurikulum Merdeka

 


Artikelguru.my.id - Halo Sobat guru, kali ini kita akan membahas kunci jawaban materi Beriman Kepada Rasul-Rasul Allah terkait tujuan diutusnya rasul.

Soal yang akan kita bahas kali ini bisa kalian temukan pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 Halaman 126 Kurikulum Merdeka. 

Sebelumnya, sobat guru bisa membaca meteri mengenai tujuan diutusnya rasul dan nama-nama nabi dan rasul terlebih dahulu. Setelah membaca materi, diharapkan dapat mengetahui tujuan diutusnya rasul dan nama nama nabi dan rasul.

Berikut pembahasan dan kunci jawaban materi Beriman Kepada Rasul-Rasul Allah terkait tujuan diutusnya rasul. Mari kita simak bersama!

Tujuan Diutusnya Rasul

Anak-Anak, tahukah kalian, ada berapa jumlah rasul? Siapa sajakah mereka? Ayo, kita lanjutkan belajar tentang nabi yang wajib diimani. 

Salah seorang sahabat bernama Abu ┼╗ar r.a. yang bertanya kepada Nabi Muhammad saw., “Berapa banyak nabi dan rasul?” Nabi Muhammad saw. menjawab, “Ada seratus dua puluh empat ribu nabi dan tiga ratus tiga belas rasul.” Ketika itu Nabi saw. tidak menyebutkan nama-nama mereka. 

Allah Swt. berfirman dalam al-Qur’an, “Dan sungguh, Kami telah mengutus beberapa rasul sebelum engkau (Muhammad), di antara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan di antaranya ada (pula) yang tidak Kami ceritakan kepadamu.” (Q.S. Gafir/40: 78).

Anak-Anak, tahukah kalian, mengapa ada nabi dan rasul? Apa tujuan diutusnya rasul? Kita percaya bahwa ada Allah yang menciptakan kita dan alam semesta ini. Kita ingin tahu apa yang dikehendaki Allah dan bagaimana cara berhubungan dengan Allah.

Nabi adalah lelaki pilihan Allah Swt. yang dikarunia wahyu oleh Allah untuk dirinya sendiri dan tidak wajib menyampaikan kepada orang lain. Rasul adalah lelaki pilihan Allah Swt. yang dikarunia wahyu oleh Allah untuk dirinya sendiri dan wajib menyampaikan kepada orang lain.

Rasul diutus Allah Swt. dengan tugas khusus menyampaikan wahyu kepada manusia. Rasul diutus untuk menyampaikan pesan agar manusia selalu menyembah Allah tanpa syarat dan tanpa menyekutukan-Nya. 

Rasul diutus dengan tugas menyampaikan pesan berupa kabar gembira dan kabar buruk. Kabar gembira bagi siapa pun yang beriman dan beramal saleh. Kabar buruk berupa peringatan agar menghindarkan diri dari amal buruk.

Nama-Nama Nabi dan Rasul

  1. Adam
  2. Idris
  3. Nuh
  4. Hud
  5. Saleh
  6. Ibrahim
  7. Lut
  8. Ismail
  9. Ishak
  10. Yakub
  11. Yusuf
  12. Ayub
  13. Syuaib
  14. Musa
  15. Harun
  16. Zulkifli
  17. Daud
  18. Sulaiman
  19. Ilyas
  20. Ilyasa
  21. Yunus
  22. Zakaria
  23. Yahya
  24. Isa
  25. Muhammad

Aktifitas Kelompok

Tentukan 10 nama rasul dalam kotak ini secara menurun dan mendatar!

Kunci Jawaban:

Mendatar
  1. Adan
  2. Nuh
  3. Ibrahim
  4. Ismail
  5. Yunus
  6. Muhammad
  7. Sulaiman
Menurun
  1. Isa
  2. Yunus
  3. Musa
Demikian pembahasan mengenai tujuan diutusnya rasul dan nama-nama nabi dan rasul pada materi beriman kepada rasul-rasul Allah PAI SD kelas 4 Kurikulum merdeka. Semoga pembahasan diatas dapat membantu sobat guru dalam belajar. Semoga bermanfaat!

Disclaimer:
Kunci jawaban di atas hanya sebagai bantuan belajar bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya. Oleh sebab itu kunci jawaban di atas tidak mutlak kebenarannya dan bisa berbeda dengan sumber lain.










Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Tujuan Diutusnya Rasul Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 Halaman 126 Kurikulum Merdeka"