Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Bermain TTS Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S Al-Hujurat Ayat 13 dan Hadis Tentang Keberagaman, Ayo Bermain PAI SD Kelas 4 Halaman 17 Kurikulum Merdeka


Artikelguru.my.id - Halo Sobat guru, kali ini kita akan membahas kunci jawaban Bermain TTS Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S Al-Hujurat Ayat 13 dan Hadis Tentang Keberagaman.

Soal yang akan kita bahas kali ini bisa ditemukan pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 bab 1 Halaman 17 Kurikulum Merdeka.

Sebelumnya, sobat guru bisa membaca materi mengenai mengaji dan mengkaji Q.S Al Hujurat ayat 13 dan hadis tentang keberagaman terlebih dahulu. Setelah membaca materi, diharapkan dapat memahaminya.

Berikut pembahasan dan kunci jawaban materi mengaji dan mengkaji Q.S Al-Hujurat Ayat 13 dan hadis tentang keberagaman. Mari kita simak bersama!

Pembahasan


Terjemah:
Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha teliti.

Keragaman dan perbedaan adalah sunnatullah yang telah sengaja Allah Swt. ciptakan sebagaimana dinyatakan dalam Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13. Keragaman dan perbedaan bukan untuk diperselisihkan, tapi dicari titik persamaan yang mengantarkan pada sikap saling menghargai dan menghormati. Perbedaan bangsa, suku dan warna kulit bukan penentu kemuliaan. Hanya takwa yang menentukan nilai seseorang. Hal ini ditegaskan juga oleh Rasulullah saw. dalam hadis yang artinya.

Telah menceritakan kepadaku orang yang pernah mendengar khutbah Rasulullah saw. ditengah-tengah hari tasyriq, beliau bersabda: “Wahai sekalian manusia! Rabb kalian satu, dan ayah kalian satu (maksudnya Nabi Adam). Ingatlah! Tidak ada kelebihan bagi orang Arab atas orang Ajam (non-Arab) dan bagi orang Ajam atas orang Arab, tidak ada kelebihan bagi orang berkulit merah atas orang berkulit hitam, bagi orang berkulit hitam atas orang berkulit merah kecuali dengan ketakwaan. Apa aku sudah menyampaikan?” mereka menjawab: Iya, benar Rasulullah saw. telah menyampaikan.” (HR.Ahmad dari Dari Abu Naḍrah).

Soal

Ayo Bermain!

MENDATAR
3. Nomor ayat dari surah al-Ḥujurāt yang berisi tentang keragaman manusia adalah…
4. Allah Swt. menjadikan manusia beragam … dan bangsa.

MENURUN
1. Salah satu bangsa besar di dunia adalah ….
2. Manusia pertama yaitu ….
5. Yang menjadikan manusia mulia di sisi Allah Swt adalah …..

Kunci Jawaban

MENDATAR
3. Nomor ayat dari surah al-Ḥujurāt yang berisi tentang keragaman manusia adalah Tiga Belas
4. Allah Swt. menjadikan manusia beragam Suku dan bangsa.

MENURUN
1. Salah satu bangsa besar di dunia adalah Arab
2. Manusia pertama yaitu Adam
5. Yang menjadikan manusia mulia di sisi Allah Swt adalah Takwa

Demikian pembahasan dan kunci jawaban Bermain TTS Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S Al-Hujurat Ayat 13 dan Hadis Tentang Keberagaman, Ayo Bermain PAI SD Kelas 4 Halaman 17 Kurikulum Merdeka . Semoga pembahasan diatas dapat membantu sobat guru dalam belajar. Semoga bermanfaat!

Disclaimer:

Kunci Jawaban di atas hanya sebagai bantuan belajar bukan sebagai acuan utama dan satu satunya. Oleh sebab itu kunci jawaban di atas tidak mutlak kebenarannya dan bisa berbeda dengan sumber lain.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Bermain TTS Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S Al-Hujurat Ayat 13 dan Hadis Tentang Keberagaman, Ayo Bermain PAI SD Kelas 4 Halaman 17 Kurikulum Merdeka "