Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Contoh Hukum Bacaan Nun Sukun Atau Tanwin, Aktivitas Kelompok PAI SD Kelas 4 BAB 6 Halaman 101 Kurikulum Merdeka

 


Artikelguru.my.id - Halo Sobat guru, kali ini kita akan membahas kunci jawaban contoh hukum bacaan nun sukun atau tanwin.

Soal yang akan kita bahas kali ini bisa ditemukan pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 BAB 6 Halaman 101 Kurikulum Merdeka.

Sebelumnya, sobat guru bisa membaca materi mengenai hukum bacaan nun sukun atau tanwin. Setelah membaca materi, diharapkan dapat mengetahui hukum bacaan nun sukun atau tanwin.

Berikut pembahasan dan unci jawaban contoh hukum bacaan nun sukun atau tanwin. Mari kita simak bersama!

Pembahasan

Anak-Anak, dari tabel tersebut kalian dapat mengamati bahwa jika terdapat nun sukun atau tanwin (fathatain, kasratain dan dammatain) bertemu dengan huruf tertentu, maka dibaca dengan beragam cara, yaitu:
  1. Jelas atau iẓhār pada contoh berwarna kuning. Nun sukun atau tanwin dibaca iẓhār jika bertemu dengan 6 huruf halqi (huruf-huruf yang keluar dari tenggorokan), yaitu alif, kha, kho, ngain, ghoin, ha.
  2. Samar dan mendengung atau ikhfā` pada contoh berwarna biru. Nun sukun atau tanwin dibaca ikhfā` jika bertemu dengan 15 huruf berikut. ta, tho, sin, syin, tsa, dzal, fa, dzol, dho, jim, za, kaf, sho, dal, qaf.
  3. Suara n menjadi hilang dan masuk ke huruf sesudahnya atau idgām. Hukum idgām ada dua, yaitu idgām bigunnah dan idgām bila gunnah. Idgām bigunnah dibaca dengan mendengung. Nun sukun atau tanwin dibaca idgām bigunnah jika bertemu dengan 4 huruf berikut. ya, nun, mim, wawu. Idgām bilā gunnah dibaca dengan tanpa mendengung. Nun sukun atau tanwin dibaca idgām bilā gunnah jika bertemu dengan 2 huruf berikut. lam dan ra.
  4. Mengubah suara n menjadi m atau iqlāb. Nun sukun atau tanwin dibaca iqlāb jika bertemu dengan huruf ba.

Soal

Aktifitas Kelompok
Alat dan Bahan: Al-Qur’an
Cara mengerjakan:
1. Berbagilah peran dalam kelompok kecilmu (4-5 anak).
2. Sebagai detektif, carilah contoh hukum nun sukun atau tanwin pada al-Qur’an.

Kunci Jawaban

Berikut merupakan salah satu contoh bacaan nun sukun atau tanwin yang ada di dalam Al-Qur'an berupa hukum bacaan izhar, ikhfa, idgom bighunnah, idghom bilaghunah, dan iqlab. Sobat guru dapat memperoleh contoh lain di dalam Al-Qur'an.

Penjelasan:
  1. Disebut izhar karena fathah tanwin bertemu huruf alif sehingga dibaca jelas.
  2. Disebut Ikhfa karena nun sukun bertemu huruf sin sehingga di baca samar-samar.
  3. Disebut idghom bighunnah karena kasroh tanwin bertemu dengan huruf mim sehingga suara n menjadi hilang dan masuk ke huruf sesudahnya.
  4. Disebut idghom bilaghunnah karena nun sukum bertemu lam sehingga suara n menjadi hilang dan masuk ke huruf sesudahnya.
  5. Disebut Iqlab karena nun sukun bertemu hur ba sehingga suara n menjadi m atau iqlāb.

Demikian pembahasan dan kunci jawaban mengenai hukum bacaan nun sukun atau tanwin PAI SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Semoga pembahasan diatas dapat membantu sobat guru dalam belajar. Semoga bermanfaat!

Disclaimer:

Kunci Jawaban di atas hanya sebagai bantuan belajar bukan sebagai acuan utama dan satu satunya. Oleh sebab itu kunci jawaban di atas tidak mutlak kebenarannya dan bisa berbeda dengan sumber lain.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Contoh Hukum Bacaan Nun Sukun Atau Tanwin, Aktivitas Kelompok PAI SD Kelas 4 BAB 6 Halaman 101 Kurikulum Merdeka"