Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban IPAS SD Kelas 4 Mari Mencari Tahu Kebutuhan Kita Berdasarkan Kepentingannya Halaman 173 Kurikulum Merdeka

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas kunci jawaban Mari Mencari Tahu Kebutuhan Kita Berdasarkan Kepentingannya dari buku IPAS atau Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial SD Kelas 4 Halaman 173 Kurikulum Merdeka.

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam membentuk masa depan generasi muda Indonesia. Oleh karena itu, Kurikulum Merdeka hadir sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Dalam Kurikulum Merdeka, terdapat berbagai materi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, salah satunya adalah materi IPAS untuk SD kelas 4.

Pada Bab 7 Bagaimana Mendapatkan Semua Keperluan Kita? halaman 173 buku teks Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD kelas 4, terdapat latihan Mari Mencari Tahu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan Siswa.

Namun, seringkali siswa dan orang tua siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan latihan tersebut karena tidak mengetahui jawaban yang tepat. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas kunci jawaban Mari Mencari Tahu IPAS SD Kelas 4 Halaman 173 Kurikulum Merdeka.

Dengan mengetahui kunci jawaban, diharapkan siswa dapat memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan dan meningkatkan pemahaman mereka. Mari kita simak bersama-sama!

Mari Mencari Tahu

Mari kita coba mengelompokkan kebutuhan kita berdasarkan kepentingannya.

1. Buatlah tabel seperti contoh berikut di buku tugas kalian.

2. Buatlah beberapa hal yang kalian butuhkan saat ini. Masukkan kebutuhan tersebut ke kolom tabel yang menurut kalian sesuai dengan kriteria kepentingan kebutuhan kalian. Kalian dapat menambahkan ilustrasi gambar di samping tulisan kalian itu.

3. Jika sudah, duduk berpasangan dengan teman sebelah kalian dan ceritakan alasan mengapa memilih pengelompokan kebutuhan tersebut.

Jawab:

Contoh skala prioritas diri berdasarkan empat kolom:

A. Kebutuhan penting dan mendesak

Contoh kegiatan yang tergolong kebutuhan penting dan mendesak adalah menyelesaikan tugas yang harus diserahkan besok.

B. Kebutuhan mendesak dan tidak mendesak

Contoh kegiatan yang penting tetapi tidak mendesak adalah olahraga.

C. Kebutuhan tidak penting dan mendesak

Contoh tindakan kecil tapi mendesak adalah menjawab panggilan dari seorang teman.

D. Kebutuhan tidak penting dan tidak mendesak

Contoh kegiatan yang tidak penting dan tidak mendesak adalah menonton televisi dengan program yang tidak mendidik.

Pembahasan

Skala prioritas adalah daftar yang dibuat untuk mengurutkan kebutuhan menurut kepentingan atau urgensi. Skala prioritas ini sangat berguna karena skala prioritas ini memungkinkan kita untuk memenuhi kebutuhan yang benar-benar penting terlebih dahulu untuk memastikan semua kebutuhan yang penting terpenuhi dan kelangsungan hidup kita tidak terancam. Kamu memiliki empat kolom yang dapat digunakan untuk membedakan kebutuhan.

Berikut empat kuadran skala prioritas diri:

A. Penting dan mendesak:

Jenis kebutuhan yang sangat penting dan juga perlu segera dipenuhi, karena akan mempengaruhi kelangsungan hidup jika tidak terpenuhi.

B. Penting dan tidak mendesak:

kebutuhan yang sangat penting tetapi dapat ditunda karena tidak darurat.

C. Mendesak tapi tidak penting:

Kebutuhan yang bersifat sekunder namun harus segera dipenuhi karena bersifat mendesak dan tidak dapat ditunda.

D. Tidak Mendesak dan Tidak Penting:

Kebutuhan kecil dan pemenuhannya bisa tertunda. 

Penutup

Dengan demikian, pembahasan mengenai Kunci Jawaban IPAS SD kelas 4 dengan pembahasan Mari Mencari Tahu Kebutuhan Kita Berdasarkan Kepentingannya halaman 172 Kurikulum Merdeka telah selesai.

Semoga pembahasan ini dapat membantu meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam mempelajari IPAS. Terima kasih telah membaca dan semoga sukses selalu!

Disclaimer

  • Informasi yang disediakan sebagai kunci jawaban adalah sebagai acuan dan bantuan belajar semata. 
  • Setiap informasi yang disediakan tidak menjamin keakuratan atau kelengkapan dan tidak boleh digunakan sebagai satu-satunya sumber informasi.
  • Penggunaan informasi yang disediakan sebagai kunci jawaban adalah sepenuhnya tanggung jawab pengguna.
  • Tidak bertanggung jawab atas kerugian atau konsekuensi apa pun yang diakibatkan oleh penggunaan informasi yang disediakan sebagai kunci jawaban.
  • Mendorong Siswa untuk selalu memverifikasi informasi dengan sumber yang terpercaya.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban IPAS SD Kelas 4 Mari Mencari Tahu Kebutuhan Kita Berdasarkan Kepentingannya Halaman 173 Kurikulum Merdeka"