Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Mari Mencari Tahu tentang Pelanggaran di Sekolah IPAS SD Kelas 4 Halaman 208-209 Kurikulum Merdeka

Artikelguru.my.id - Kunci Jawaban Mari Mencari Tahu tentang Pelanggaran di Sekolah IPAS SD Kelas 4 Halaman 208-209 Kurikulum Merdeka. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas kunci jawaban Mari Mencari Tahu tentang Pelanggaran di Sekolah dari buku IPAS atau Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial SD Kelas 4 Halaman 208-209 Kurikulum Merdeka.

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam membentuk masa depan generasi muda Indonesia. Oleh karena itu, Kurikulum Merdeka hadir sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Dalam Kurikulum Merdeka, terdapat berbagai materi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, salah satunya adalah materi IPAS untuk SD kelas 4.

Pada Bab 8 Membangun Masyarakat yang Beradab halaman 208-209 buku teks Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD kelas 4, terdapat latihan Mari Mencari Tahu tentang Pelanggaran di Sekolah bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan Siswa.

Namun, seringkali siswa dan orang tua siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan latihan tersebut karena tidak mengetahui jawaban yang tepat. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas kunci jawaban Mari Mencari Tahu tentang Pelanggaran di Sekolah IPAS SD Kelas 4 Halaman 208-209 Kurikulum Merdeka.

Mari Mencari Tahu


Supaya kalian lebih mengetahui peraturan yang berlaku di setiap daerah serta akibat dari pelanggarannya, mari lakukan aktivitas berikut ini.

1. Pelajari kembali gambar dan narasi pada Topik C.

2. Diskusikan bersama teman sebangku kalian mengenai:

a. Apa dampak dari pelanggaran pada gambar tersebut?
b. Apakah pelanggaran tersebut merugikan orang lain?
c. Lalu, seperti apa seharusnya jika kita ingin menggunakan kendaraan bermotor?

3. Catatlah hasil diskusi pada buku tugas.

4. Sekarang, amatilah pelanggaran yang terjadi di sekolah kalian. Misal, pelanggaran seperti:

a. datang terlambat;
b. tidak menggunakan seragam dengan lengkap;
c. tidak mengantri saat di kantin;
d. tidak menyiram kembali saat dari toilet.

5. Carilah 3-5 pelanggaran yang terjadi di sekolah. Kalian akan diberikan waktu 6 hari untuk melakukan pengamatan ini.

6. Tulislah akibat dari pelanggaran tersebut pada buku tugas.

7. Pikirkan solusi agar pelanggaran tersebut tidak terulang kembali. Tulis solusinya pada buku tugas.

8. Buatlah kesimpulan mengenai dampak dan solusi dari pelanggaran terhadap peraturan.

Contoh Jawaban:

Mempelajari Narasi "Topik C: Awas! Kita Bisa Dihukum!"

Hasil Diskusi

a. Anak di bawah umur yang mengemudikan sepeda motor dapat memiliki dampak yang serius dan berbahaya, baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

b. Pelanggaran tersebut merugikan orang lain karena anak di bawah umur yang mengemudikan sepeda motor dapat menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas yang mengancam keselamatan pengguna jalan lainnya.

c. Jika ingin menggunakan kendaraan bermotor, kita harus mematuhi aturan dan persyaratan yang berlaku, seperti memiliki SIM atau Surat Izin Mengemudi yang sesuai, dan menggunakan helm serta peralatan keselamatan lainnya yang wajib dipakai.

Hasil Pengamatan Pelanggaran yang Terjadi di Sekolah

a. Mengganggu teman sekelas.
b. Membawa Ponsel atau HP.
c. Meninggalkan kelas tanpa izin.
d. Membawa Mainan.
e. Tidak Mengerjakan PR.

Akibat Melakukan Pelanggaran di Sekolah
  • Peringatan atau teguran dari guru atau staf sekolah.
  • Hukuman seperti diberi tugas tambahan, membersihkan kelas, atau mengikuti program konseling atau pelatihan.
  • Surat peringatan yang akan dikirimkan ke orang tua atau wali murid.
Solusi agar pelanggaran Tersebut Tidak Terulang Kembali
  • Pembinaan moral dan karakter yang kuat
  • Memberikan pengawasan yang ketat
  • Menegakkan aturan sekolah secara konsisten
  • Melibatkan orang tua dan wali murid
  • Mendorong partisipasi siswa dalam kegiatan positif
  • Menjalin hubungan yang baik antara guru dan siswa
Kesimpulan Mengenai Dampak dan Solusi dari Pelanggaran Terhadap Peraturan

Pelanggaran terhadap peraturan dapat berdampak negatif pada siswa, guru, dan sekolah secara keseluruhan. Dampak negatif yang mungkin terjadi antara lain menurunnya kualitas pendidikan, menurunnya kedisiplinan siswa, dan dapat merusak citra sekolah. Oleh karena itu, diperlukan solusi yang efektif untuk mencegah pelanggaran terhadap peraturan agar tidak terulang kembali.

Penutup

Dengan demikian, pembahasan mengenai Kunci Jawaban IPAS SD kelas 4 dengan pembahasan mengenai Mari Mencari Tahu tentang Pelanggaran dari halaman 208-209 Kurikulum Merdeka telah selesai.

Semoga pembahasan ini dapat membantu meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam mempelajari IPAS. Terima kasih telah membaca dan semoga sukses selalu!

Disclaimer

  • Informasi yang disediakan sebagai kunci jawaban adalah sebagai acuan dan bantuan belajar semata.
  • Setiap informasi yang disediakan tidak menjamin keakuratan atau kelengkapan dan tidak boleh digunakan sebagai satu-satunya sumber informasi.
  • Penggunaan informasi yang disediakan sebagai kunci jawaban adalah sepenuhnya tanggung jawab pengguna.
  • Tidak bertanggung jawab atas kerugian atau konsekuensi apa pun yang diakibatkan oleh penggunaan informasi yang disediakan sebagai kunci jawaban.
  • Mendorong Siswa untuk selalu memverifikasi informasi dengan sumber yang terpercaya.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Mari Mencari Tahu tentang Pelanggaran di Sekolah IPAS SD Kelas 4 Halaman 208-209 Kurikulum Merdeka"