Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Mari Mencoba Eksperimen Sederhana IPAS SD Kelas 4 Halaman 86 Kurikulum Merdeka

 Artikelguru.my.id - Kunci Jawaban Mari Mencoba Eksperimen Sederhana IPAS SD Kelas 4 Halaman 86 Kurikulum Merdeka. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas kunci jawaban Mari Mencoba Eksperimen Sederhana dari buku IPAS atau Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial SD Kelas 4 Halaman 86 Kurikulum Merdeka.

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam membentuk masa depan generasi muda Indonesia. Oleh karena itu, Kurikulum Merdeka hadir sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Dalam Kurikulum Merdeka, terdapat berbagai materi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, salah satunya adalah materi IPAS untuk SD kelas 4.

Pada Bab 3 Gaya di Sekitar Kita halaman 86 buku teks Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD kelas 4, terdapat pertanyaan mengenai hasil diskusi dari eksperimen yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan Siswa.

Namun, seringkali siswa dan orang tua siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan latihan tersebut karena tidak mengetahui jawaban yang tepat. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas kunci jawaban tentang Eksperimen kertas dan batu Materi IPAS SD Kelas 4 Halaman 86 Kurikulum Merdeka.

Dengan mengetahui kunci jawaban, diharapkan siswa dapat memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan dan meningkatkan pemahaman mereka. Mari kita simak bersama-sama!

Mari Mencoba

Untuk membantu menjawab pertanyaan di atas, yuk kita lakukan eksperimen sederhana terlebih dahulu. Alat dan bahan:

  1. 2 lembar kertas yang berukuran sama (usahakan kertas bekas ya);
  2. batu;
  3. lembar kerja.

Langkah Percobaan:

1. Remas 1 kertas menjadi berbentuk seperti bola.

2. Jatuhkan bola kertas dan batu secara bersamaan dari ketinggian yang sama.

3. Amati mana yang jatuh lebih dahulu.

4. Gantilah batu dengan kertas utuh yang belum diremas.

5. Sekarang jatuhkan secara bersamaan bola kertas dan selembar kertas dari ketinggian yang sama.

6. Amati mana yang jatuh lebih dahulu.

7. Diskusikan dengan teman kelompokmu mengenai kegiatan ini dengan menjawab pertanyaan berikut.

a. Apa yang diamati saat menjatuhkan selembar kertas dan bola kertas secara bersamaan? 
b. Apakah ada perbedaan berat antara selembar kertas dan kertas yang sudah dijadikan bola?
c. Apakah ada perbedaan antara selembar kertas dan kertas yang sudah dijadikan bola?
d. Menurut kalian mengapa selembar kertas terlihat seperti melayang-layang dulu ketika jatuh?

8. Tulis hasil diskusi ini pada lembar kerja!

Contoh Jawaban Hasil Diskusi:

a. Saat menjatuhkan selembar kertas dan bola kertas secara bersamaan, dapat diamati bahwa bola kertas jatuh lebih dahulu daripada selembar kertas.

b. Ada kemungkinan perbedaan berat antara selembar kertas dan kertas yang sudah dijadikan bola, tergantung pada seberapa rapat kertas tersebut diremas menjadi bola. Namun, perbedaan berat ini tidak signifikan dan tidak memengaruhi hasil percobaan.

c. Terdapat perbedaan dalam bentuk dan kepadatan antara selembar kertas dan bola kertas. Bola kertas memiliki bentuk yang lebih padat dan tidak rata dibandingkan dengan selembar kertas yang masih utuh.

d. Saat selembar kertas jatuh, gravitasi menariknya ke bawah. Namun, karena kepadatan kertas yang rendah dan bentuknya yang datar, kertas tersebut menimbulkan hambatan udara yang cukup besar sehingga terlihat seperti melayang-layang terlebih dahulu sebelum akhirnya jatuh ke tanah.

Hasil diskusi ini menunjukkan bahwa gravitasi memengaruhi semua benda, namun perbedaan bentuk dan kepadatan dapat memengaruhi waktu jatuhnya benda tersebut. Selain itu, hambatan udara juga memengaruhi gerak benda dan dapat membuat benda terlihat seperti melayang-layang terlebih dahulu sebelum jatuh.

Penutup

Dengan demikian, pembahasan mengenai Kunci Jawaban IPAS SD kelas 4 dengan pembahasan eksperimen membuktikan gravitasi dari halaman 86 Kurikulum Merdeka telah selesai.

Semoga pembahasan ini dapat membantu meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam mempelajari IPAS. Terima kasih telah membaca dan semoga sukses selalu!

Disclaimer

  • Informasi yang disediakan sebagai kunci jawaban adalah sebagai acuan dan bantuan belajar semata.
  • Setiap informasi yang disediakan tidak menjamin keakuratan atau kelengkapan dan tidak boleh digunakan sebagai satu-satunya sumber informasi.
  • Penggunaan informasi yang disediakan sebagai kunci jawaban adalah sepenuhnya tanggung jawab pengguna.
  • Tidak bertanggung jawab atas kerugian atau konsekuensi apa pun yang diakibatkan oleh penggunaan informasi yang disediakan sebagai kunci jawaban.
  • Mendorong Siswa untuk selalu memverifikasi informasi dengan sumber yang terpercaya.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Mari Mencoba Eksperimen Sederhana IPAS SD Kelas 4 Halaman 86 Kurikulum Merdeka"