Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Mengenal Salat Jum'at, Duha, Tahajud Ayo Kerjakan PAI SD Kelas 4 Halaman 168 Kurikulum Merdeka

 


Artikelguru.my.id - Halo Sobat guru, kali ini kita akan membahas kunci jawaban materi mengenal salat jum'at, duha, dan tahajud.

Soal yang akan kita bahas kali ini bisa ditemukan pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 bab 9 Halaman 168 Kurikulum Merdeka.

Sebelumnya, sobat guru bisa membaca materi mengenal salat jum'at, duha, dan tahajud. Setelah memahami materi tersebut, diharapkan sobat guru dapat mengetahui mengapa kita harus salat, sejak kapan salat jum'at didirikan umat islam, apa saja persiapan salat jum'at, kapan salat duha dilakukan, dan mengapa kita dianjurkan salat tahajud.

Berikut pembahasan dan kunci jawaban materi mengenal salat jum'at, duha, dan tahajud. Mari kita simak bersama!

Salat Jum'at

Salat Jumat adalah salat dua rakaat yang dilakukan pada waktu zuhur hari Jumat. Salat Jumat didahului dengan dua khutbah. Salat Jumat hukumnya fardu ain (kewajiban setiap orang).

Salat Jumat wajib bagi: 1) muslim, 2) laki-laki, 3) merdeka, 4) dan 5) balig dan berakal sehat (mukalaf) 6) penduduk tetap (mukim) dan 7) bebas dari aneka halangan yang dibenarkan agama, seperti sakit atau orang yang bertugas menjaga orang sakit parah. Demikian juga cuaca yang tidak bersahabat, seperti hujan lebat, terik panas matahari atau dingin yang menyengat. Termasuk juga halangan yang dibenarkan adalah rasa takut terhadap diri bahkan harta yang
dikhawatirkan hilang.

Jika hendak pergi salat Jumat, Rasul saw. menganjurkan kita untuk mandi, memakai pakaian yang paling baik dan minyak wangi.

Salat Jumat dilakukan secara berjemaah. Salat Jumat dinilai sah jika yang berjemaah sebanyak 40 orang. Mereka termasuk orang-orang yang wajib salat Jumat. Sebagian ulama mencukupkan jumlah paling sedikit salat jemaah Jumat sebanyak 12 orang. Ada juga yang menyatakan cukup 3 orang. Betapa pentingnya salat Jumat. Kalian harus rajin mendirikan salat Jumat.

Salat Duha

Salat Duha termasuk salat sunah muakkad menurut sebagian ulama. Salat sunah muakkad artinya salat yang sangat dianjurkan untuk didirikan. Salat Duha termasuk salat sunah yang tidak pernah ditinggalkan Nabi saw.

padaku dengan tiga hal yang tidak pernah aku tinggalkan hingga aku meninggal nanti. Yaitu puasa tiga hari setiap bulan, salat Duha, dan tidur dalam keadaan sudah mengerjakan Salat Witir. (H.R. Bukhari) Salat Duha dilakukan pada waktu duha. Waktu duha adalah waktu menjelang tengah hari. Sejak matahari mulai naik dan terasa panas hingga menjelang waktu zuhur.

Salat Tahajud

Salat Tahajud termasuk salat sunah muakkad. Ingatkah kalian salat sunah muakkad? Salat Tahajud termasuk salat yang tidak pernah ditinggalkan Nabi saw. Nabi saw. memiliki kebiasaan tidur di awal malam setelah salat Isya. Beliau bangun di pertengahan malam untuk melakukan salat Tahajud. Nabi saw. ditanya seseorang, “Salat manakah yang paling utama setelah salat yang diwajibkan (salat lima waktu).” Rasulullah saw. menjawab, “Salat Tahajud.” (H.R. Muslim dari Abu Hurairah r.a.)

SOAL

Ayo Kerjakan!
  1. Mengapa kita harus salat?
  2. Sejak Kapan salat jum'at didirikan umat Islam?
  3. Apa persiapan yang dilakukan sebelum melaksanakan salat jum'at?
  4. Kapan salat duha dilakukan?
  5. Mengapa kita dianjurkan salat tahajud?

KUNCI JAWABAN

  1. Karena umat muslim wajib melaksanakan sholat sebagai salat satu rasa syukur kita kepada Allah SWT. 
  2. Didirikan pertama pada saat Rasulullah dalam perjalanan hijrah.
  3. Mandi, memakai pakaian yang paling baik, dan memakai minyak wangi.
  4. Dilakukan pada waktu duha/waktu menjelang tengah hari. Sejak matahari mulai naik dan terasa panas hingga menjelang waktu dzuhur.
  5. Karena dalam surat al-isra ayat 79 dijelaskan salat tahajud merupakan salat satu ibadah tambahan.

Demikian pembahasan dan kunci jawaban mengenai Salat jum'at, duha dan tahajud PAI SD Kelas 4 bab 9 Kurikulum Merdeka. Semoga pembahasan diatas dapat membantu sobat guru dalam belajar. Semoga bermanfaat!

Disclaimer:

Kunci Jawaban di atas hanya sebagai bantuan belajar bukan sebagai acuan utama dan satu satunya. Oleh sebab itu kunci jawaban di atas tidak mutlak kebenarannya dan bisa berbeda dengan sumber lain.


Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Mengenal Salat Jum'at, Duha, Tahajud Ayo Kerjakan PAI SD Kelas 4 Halaman 168 Kurikulum Merdeka"