Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Menyambut Usia Balig, Ayo Kerjakan PAI SD Kelas 4 bab 4 Halaman 73 Kurikulum Merdeka

 


Artikelguru.my.id - Halo Sobat guru, kali ini kita akan membahas kunci jawaban materi menyambut usia baligh.

Soal yang akan kita bahas kali ini bisa ditemukan pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 bab 4 Halaman 73 Kurikulum Merdeka.

Sebelumnya, sobat guru bisa membaca materi mengenai usia balig. Setelah membaca materi, diharapkan dapat mengetahui pengertian balig, tanda-tanda balig, perubahan fisik pada anak yang memasuki masa puber, dan lainnya.

Berikut pembahasan dan kunci jawaban materi usia balig. Mari kita simak bersama

Pembahasan

Secara bahasa balig berarti sampai. Menurut istilah balig ialah kedewasaan bagi seorang (muslim). Bagi laki-laki, ditandai dengan antara lain, keluar mani (mimpi basah) dan bagi perempuan ditandai dengan keluar haid.

Kita akan belajar tentang tanda-tanda balig dalam pandangan ilmu fikih dan Ilmu biologi. Pandangan ilmu fikih merupakan hasil kajian para ulama fikih sedangkan Ilmu biologi adalah hasil penelitian para ilmuwan yang menekuni biologi. Kedua pandangan Ilmu ini saling melengkapi dan keduanya bersumber dari Ilmu Allah Swt.

Tanda-tanda usia balig menurut fikih:
  1. Mengalami mimpi basah
  2. Haid (Menstruasi) bagi anak perempuan
  3. Berumur lima belas tahun
Tanda-tanda balig dalam pandangan ilmu biologi:
  1. Laki-laki memiliki hormon testosteron. Hormon ini berguna untuk menghasilkan sperma di dalam testis. Hormon ini juga mengatur hadirnya tanda-tanda seksual sekunder yang ditandai dengan adanya perubahan fisik. Perubahan fisik meliputi wajah yang ditumbuhi kumis, jenggot dan jambang. Selain itu tumbuh juga rambut alat kelamin dan rambut ketiak. Badan kelihatan lebih kekar dan berotot, tumbuh jakun, dan suaranya terdengar lebih berat. Pertumbuhan badan bertambah cepat/cepat besar, gerak menjadi lebih aktif, nafsu makan meningkat, makan lebih banyak. 
  2. Perkembangan pada perempuan dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron. Hormon ini berguna untuk mematangkan ovum dan mengatur perkembangan seksual sekunder. Hal ini ditandai dengan perubahan fisik pada perempuan. Perubahan itu antara lain terjadi pada pinggul dan payudara yang mulai membesar, tumbuh rambut pada alat kelamin dan ketiak. Hormon estrogen juga menyebabkan kulit perempuan lebih halus dibanding laki-laki. Selain itu, perempuan juga akan mengalami menstruasi atau haid.

Kewajiban setelah usia balig:

  1. Salat Fardu
  2. Menutup aurat
  3. Mencari ilmu

Soal

  1. Balig secara bahasa berarti ….
  2. Cermati tanda-tanda balig berikut! mimpi basah, haid, dan berumur lima belas tahun. Tanda-tanda balig pada daftar tersebut yang terjadi pada anak laki-laki dan perempuan adalah ….
  3. Ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup disebut ….
  4. Hormon yang berfungsi untuk pembentukan sperma di dalam testis yaitu….
  5. Anak yang sudah balig disebut mukalaf. Mukalaf artinya ….
  6. Sebutkan tanda-tanda balig dalam pendangan ilmu fikih!
  7. Jelaskan pengertian haid menurut ilmu biologi?
  8. Bagaimana perubahan fisik pada anak laki-laki dan perempuan yang memasuki masa puber?
  9. Bagaimana perubahan mental pada anak laki-laki dan perempuan yang memasuki masa puber?
  10. Sebutkan 5 contoh kewajiban yang harus dilakukan anak setelah memasuki usia balig!

Kunci Jawaban

  1. Sampai.
  2. a dan c.
  3. Biologi.
  4. Testosteron.
  5. Orang dewasa yang wajib menjalankan hukum agama.
  6. Mimpi basah, haid dan berumur 15 tahun.
  7. Haid adalah luruhnya sel telur (ovum) karena tidak dibuahi sperma bersama dengan lapisan dinding rahim. Peristiwa ini ditandai dengan keluarnya darah melalui alat kelamin perempuan.
  8. Bagi laki laki wajah ditumbuhi jambang, kumis, dan jenggot, suaranya lebih berat, tumbuh jakun, tumbuh rambut pada area tertentu, dan lainnya. Bagi perempuan pinggul dan payudara membesar, tumbuh rambut pada area tertentu, suara lebih merdu, dan lainnya.
  9. Bagi laki laki cenderung bersifat cuek, tenang, dan rasional. Bagi perempuan cenderung mengutamakan perasaan, ingin dimanja dan penuh perhatian.
  10. Salat, puasa, menutup aurat, mencari Ilmu, berbuat baik kepada orang tua.

Demikian pembahasan dan kunci jawaban mengenai menyambut usia balig PAI SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Semoga pembahasan diatas dapat membantu sobat guru dalam belajar. Semoga bermanfaat!

Disclaimer:

Kunci Jawaban di atas hanya sebagai bantuan belajar bukan sebagai acuan utama dan satu satunya. Oleh sebab itu kunci jawaban di atas tidak mutlak kebenarannya dan bisa berbeda dengan sumber lain.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Menyambut Usia Balig, Ayo Kerjakan PAI SD Kelas 4 bab 4 Halaman 73 Kurikulum Merdeka"