Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Percobaan 3: Lari Estafet IPAS SD Kelas 4 Halaman 100 Kurikulum Merdeka

 Artikelguru.my.id - Bagaimana Kita Menggunakan dan Menghasilkan Energi? Kunci Jawaban Pertanyaan Esensial IPAS SD Kelas 4 Halaman 96 Kurikulum Merdeka. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas kunci jawaban Lakukan Bersama Percobaan 3: Lari Estafet dari buku IPAS atau Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial SD Kelas 4 Halaman 100 Kurikulum Merdeka.

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam membentuk masa depan generasi muda Indonesia. Oleh karena itu, Kurikulum Merdeka hadir sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Dalam Kurikulum Merdeka, terdapat berbagai materi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, salah satunya adalah materi IPAS untuk SD kelas 4.

Pada Bab 4 Mengubah Bentuk Energi halaman 100 buku teks Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD kelas 4, terdapat pertanyaan tentang transformasi energi yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan Siswa.

Namun, seringkali siswa dan orang tua siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan latihan tersebut karena tidak mengetahui jawaban yang tepat. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas kunci jawaban tentang Percobaan 3: Lari Estafet Materi IPAS SD Kelas 4 Halaman 100 Kurikulum Merdeka.

Dengan mengetahui kunci jawaban, diharapkan siswa dapat memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan dan meningkatkan pemahaman mereka. Mari kita simak bersama-sama!

Percobaan 3: Lari Estafet

Alat dan bahan

1. Benda untuk tongkat estafet.

2. Tanda untuk tempat berdiri sesuai jumlah pelari.

3. Stopwatch (jika ada).

Langkah Percobaan

1. Keluarlah ke halaman sekolah.

2. Tentukan satu orang yang akan berperan sebagai penghitung waktu. Sisa anggota lainnya akan menjadi pelari.

3. Berdirilah pada masing-masing tanda yang sudah dibuat oleh guru kalian.

4. Pelari di tanda pertama akan berlari dan mengestafetkan benda pada pelari kedua. Jika memakai stopwatch, waktu dimulai saat pelari pertama berlari.

5. Pelari kedua akan berlari dan mengestafetkan benda pada pelari ketiga.

6. Begitu seterusnya sampai pelari terakhir mengestafetkan benda pada pelari pertama. Matikan stopwatch saat pelari pertama memegang benda.

7. Setelah semua mencoba diskusikan dengan kelompok pertanyaan berikut.

a. Energi apa saja yang ada di percobaan ini?

b. Apa transformasi energi yang kalian lihat?

8. Catat waktu dan hasil diskusi pada lembar kerja.

Jawaban:

a. Energi yang ada dalam percobaan ini adalah energi kinetik yang dimiliki oleh para pelari saat berlari dan energi potensial yang tersimpan dalam benda tongkat estafet yang dipegang oleh masing-masing pelari.

b. Transformasi energi yang terjadi adalah sebagai berikut:

  • Energi kimia dalam makanan yang dikonsumsi oleh para pelari diubah menjadi energi kinetik saat mereka berlari.
  • Energi kinetik pada pelari pertama diubah menjadi energi kinetik pada pelari kedua saat ia memberikan tongkat estafet.
  • Demikian seterusnya, energi kinetik pada setiap pelari selanjutnya diubah menjadi energi kinetik pada pelari berikutnya saat mereka memberikan tongkat estafet.
  • Saat tongkat estafet berpindah tangan, energi potensial pada benda tersebut berubah menjadi energi kinetik pada pelari yang menerimanya.

Penutup

Dengan demikian, pembahasan mengenai Kunci Jawaban IPAS SD kelas 4 dengan pembahasan transformasi energi dari halaman 100 Kurikulum Merdeka telah selesai.

Semoga pembahasan ini dapat membantu meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam mempelajari IPAS. Terima kasih telah membaca dan semoga sukses selalu!

Disclaimer

  • Informasi yang disediakan sebagai kunci jawaban adalah sebagai acuan dan bantuan belajar semata.
  • Setiap informasi yang disediakan tidak menjamin keakuratan atau kelengkapan dan tidak boleh digunakan sebagai satu-satunya sumber informasi.
  • Penggunaan informasi yang disediakan sebagai kunci jawaban adalah sepenuhnya tanggung jawab pengguna.
  • Tidak bertanggung jawab atas kerugian atau konsekuensi apa pun yang diakibatkan oleh penggunaan informasi yang disediakan sebagai kunci jawaban.
  • Mendorong Siswa untuk selalu memverifikasi informasi dengan sumber yang terpercaya.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Percobaan 3: Lari Estafet IPAS SD Kelas 4 Halaman 100 Kurikulum Merdeka"