Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Pernyataan Yang Sesuai Dengan Asmaul Husna, Ayo Kerjakan PAI SD Kelas 4 Halaman 37 Kurikulum Merdeka

 


Artikelguru.my.id - Halo Sobat guru, kali ini kita akan membahas kunci jawaban pernyataan yang sesuai dengan Asmaul Husna.

Soal yang akan kita bahas kali ini bisa ditemukan pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 bab 2 Halaman 37 Kurikulum Merdeka.

Sebelumnya, sobat guru bisa membaca materi mengenai pernyataan yang sesuai dengan Asmaul Husna. Setelah membaca materi, diharapkan dapat memahami materinya.

Berikut pembahasan dan kunci jawaban pernyataan yang sesuai dengan Asmaul Husna. Mari kita simak bersama!

Pembahasan

Allah Swt. memiliki nama-nama yang agung dan indah, nama-nama tersebut dikenal dengan Asmaulhusna. Asmaulhusna artinya nama-nama yang baik (indah). Cara mengenal Allah Swt. dapat dilakukan dengan mengetahui Asmaulhusna. Lima asmaul husna dan artinya:
  1. Al-Mālik adalah salah satu nama Allah Swt. yang agung. Al-Mālik berarti Maharaja, Penguasa atas semua makhluk-Nya. Allah Swt. sendiri yang mengatur segala urusan mahkluk, karena hanya Allah Swt. yang Mahakaya dan Pemberi rezeki. Dia yang menguasai serta mengatur kehidupan dan kematian semua makhluk.
  2. Al-‘Azīz adalah nama yang mencerminkan kemuliaan dan kebesaran zat-Nya. Allah Swt. mempunyai kedudukan yang Mahatinggi. Dia pemilik tunggal segala kemuliaan dan Dia yang memberikan kemuliaan kepada siapa saja yang dikehendaki.
  3. Al-Quddūs memiliki arti bahwa Allah Swt. adalah Zat yang tersucikan dari segala macam kekurangan. Allah Swt. adalah satu-satunya sembahan bagi semua makhluk. Al-Quddūs juga menunjukkan bahwa Allah Swt. Mahasuci dari keserupaan makhluk dengan-Nya dan Mahasuci dari adanya sesuatu yang menyerupai-Nya.
  4. As-Salām berarti Allah Swt. Mahasejahtera dan Maha menyelamatkan. Makna yang terkandung dalam Asmaulhusna ini adalah Dia selamat dari segala aib maupun kekurangan karena kesempurnaan Zat, sifat dan perbuatan-Nya. Allah Swt. pemberi keselamatan pada hamba-hamba-Nya.
  5. Al-Mu’min mengandung arti bahwa Allah Swt. adalah Tuhan yang memberi rasa aman pada seluruh makhluk-Nya. Dialah yang mengayomi dan menyediakan segala fasilitas bagi hamba-hamba-Nya, sehingga mereka dapat hidup tenteram. Karena Allah bersifat demikian, maka kitapun harus berusaha untuk menciptakan keamanan bagi setiap orang di sekeliling kita, seperti keluarga, tetangga dan teman.

Soal

Isilah kolom sebelah kanan dengan kalimat asmaul husna yang sesuai dengan pernyataan pada kolom sebelah kiri!

Kunci Jawaban

Asmaul husna yang sesuai dengan pernyataan berikut:

Demikian pembahasan dan kunci jawaban mengenai pernyataan yang sesuai dengan asmaul husna PAI SD Kelas 4 bab 2 Kurikulum Merdeka. Semoga pembahasan diatas dapat membantu sobat guru dalam belajar. Semoga bermanfaat!

Disclaimer:

Kunci Jawaban di atas hanya sebagai bantuan belajar bukan sebagai acuan utama dan satu satunya. Oleh sebab itu kunci jawaban di atas tidak mutlak kebenarannya dan bisa berbeda dengan sumber lain.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Pernyataan Yang Sesuai Dengan Asmaul Husna, Ayo Kerjakan PAI SD Kelas 4 Halaman 37 Kurikulum Merdeka"