Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Peta Konsep Menggalang Kerukunan di Madinah, Aktifitas Kelompok PAI SD Kelas 4 Halaman 181 Kurikulum Merdeka

 



Artikelguru.my.id - Halo Sobat guru, kali ini kita akan membahas kunci jawaban Peta konsep menggalang kerukunan di madinah.

Soal yang akan kita bahas kali ini bisa ditemukan pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 Halaman 181 bab 10 Kisah Nabi Muhammad saw Membangun Kota Madinah Kurikulum Merdeka.

Sebelumnya, sobat guru bisa membaca materi menggalang kerukunan di Madinah. Setelah membaca materi, diharapkan dapat mengetahui keragaman kota madinah pada masa Rasulullah saw, mengetahui apa yang dilakukan Rasulullah saw untuk menggalang kerukunan, dan mengetahui apa saja isi piagam madinah.

Berikut pembahasan dan kunci jawaban materi kisah Nabi Muhammad saw membangun kota Madinah. Mari kita simak bersama!

Pembahasan

Anak-Anak, ingatkah kalian tentang keragaman negara kita?

Anak-Anak, pada masa Rasulullah saw., di Kota Madinah juga bermukim penduduk beragam suku bangsa dan agama. Suku Aus dan Khazraj memeluk agama Islam. Suku Quraizah, Nadir dan Qainuqa beragama Yahudi. Di kota ini juga terdapat kaum musyrik.

Keragaman dan perbedaan dapat menimbulkan perselisihan. Pernahkah kalian berselisih dengan teman? Bagaimana cara agar kalian bisa melakukan kegiatan bersama lagi?

Rasulullah saw. merasa perlu menciptakan kerukunan antar penduduk Madinah yang beragam. Rasulullah saw. melakukan perjanjian antara Kaum Muslim (Muhajirin dan Ansar) dengan Yahudi sebagai penduduk Madinah. Isi perjanjian ini kemudian dikenal dengan Piagam Madinah.

Piagam Madinah berisi tentang pengakuan sebagai umat, baik sesama muslim maupun berbeda agama, yang memiliki tujuan sama. Penduduk Madinah yang beragam memiliki hak dan kewajiban yang sama. Penganiayaan harus dihindari, bahkan dihilangkan. Hukum harus ditegakkan tanpa membedakan suku dan agama.

Anak-anak, negara kita adalah negara yang beragam suku, bahasa, dan agama. Walaupun berbeda-beda, kita tetap memiliki tujuan yang sama, yaitu Indonesia yang aman dan damai. Kita wajib menjaga negara kita agar tetap aman dan hidup berdampingan dengan damai.

Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Artinya walaupun berbeda-beda, tetapi tetap satu juga. Negara kita juga memiliki Pancasila sebagai dasar negara. Sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa menunjukkan bahwa bangsa kita merupakan bangsa yang berketuhanan, walaupun terdiri atas beragam agama.

Soal

Aktifitas Kelompok!
  1. Buatlah  peta konsep tentang Menggalang Kerukunan di Madinah bersama kelompok kecilmu! Kalian dapat berkreasi dalam bentuk, warna, tulisan atau gambar. Kalian dapat menggunakan beragam media: kertas bekas, kertas karton, atau paparan menggunakan teknologi informasi.
  2. Paparkan hasil belajar kelompokmu!

Kunci Jawaban

Berikut contoh peta konsep yang bisa menjadi salah satu referensi untuk sobat guru. Sobat guru dapat menambah kreasi yang sobat guru inginkan. Dengan mengubah bentuk, warna, tulisan, atau menambahkan gambar.


Demikian pembahasan dan kunci jawaban mengenai peta konsep menggalang kerukunan di Madinah PAI SD Kelas 4 bab 10 Kurikulum Merdeka. Semoga pembahasan diatas dapat membantu sobat guru dalam belajar. Semoga bermanfaat!

Disclaimer:

Kunci Jawaban di atas hanya sebagai bantuan belajar bukan sebagai acuan utama dan satu satunya. Oleh sebab itu kunci jawaban di atas tidak mutlak kebenarannya dan bisa berbeda dengan sumber lain.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Peta Konsep Menggalang Kerukunan di Madinah, Aktifitas Kelompok PAI SD Kelas 4 Halaman 181 Kurikulum Merdeka"