Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Peta Konsep Persaudaraan Kaum Muhajirin dan Ansar, Aktifitas Kelompok PAI SD Kelas 4 Halaman 178 Kurikulum Merdeka


Artikelguru.my.id - Halo Sobat guru, kali ini kita akan membahas kunci jawaban peta konsep persaudaraan kaum muhajirin dan ansar.

Soal yang akan kita bahas kali ini bisa ditemukan pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 bab 10 Halaman 178 Kurikulum Merdeka.

Sebelumnya, sobat guru bisa membaca materi mengenai  kisah Nabi Muhammad SAW Membangun Kota Madinah terlebih dahulu. Setelah membaca materi, sobat guru diharapkan dapat mengetahui mengapa persaudaraan kaum muhajirin dan ansar penting, siapa saja yang dipersaudarakan, sikap apayang patut diteladasi dari kaum muhajirin, dan sikap apa yang patut diteladani dari kaum ansar.

Berikut pembahasan dan kunci jawaban peta konsep persaudaraan kaum muhajir. Mari kita simak bersama!

Pembahasan

Tahukah kalian, ketika Rasulullah saw. dan para sahabat hijrah dari Makkah ke Madinah, tak banyak yang dapat dibawa? Para sahabat harus rela meninggalkan harta benda mereka di Makkah. Jika ada yang membawanya, mereka dihalangi dan baru diizinkan pergi jika bersedia meninggalkan harta kekayaannya. Mereka rela hijrah ke Madinah dengan membawa keyakinan kepada Allah Swt. dan Rasulullah. Orang-orang yang hijrah dari Makkah ke Madinah disebut dengan Muhajirin.

Anak-Anak, kalian sudah belajar tentang sikap senang menolong, bukan? Senang menolong orang lain yang membutuhkan termasuk perilaku terpuji. Sikap inilah yang ditunjukkan kaum Ansar. Ansar artinya penolong. Kaum Ansar adalah penduduk Madinah, terdiri dari suku Aus dan Khazraj, yang menolong kaum Muhajirin.

Anak-Anak, persaudaraan sesama Muslim sebenarnya sudah ada sejak di Makkah. Namun, karena keadaan baru di Madinah ini, Rasulullah saw. menjalin ukhuwah (persaudaraan) antara kaum Muhajirin dan Ansar.

Mengapa persaudaraan ini penting? Persaudaraan ini menjadi penting agar tersedia kebutuhan pokok bagi pendatang baru, Muhajirin, yang tidak membawa harta kekayaan. Keahlian penduduk Makkah adalah berdagang yang membutuhkan modal. Padahal, Muhajirin tidak membawa bekal harta kekayaan. Sementara di Madinah, penduduk lebih banyak berkebun dan bertani.

Selain itu, Muhajirin hanya datang sendiri atau bersama keluarga kecil ke Madinah. Mereka mungkin merasa kesepian di daerah baru. Cuaca di Madinah juga berbeda dengan Makkah. Di musim dingin sangat dingin, di musim panas sangat panas. Dengan persaudaraan, permasalahan yang dihadapi Muhajirin dapat diselesaikan sementara. Apalagi kaum Ansar membuka hati dan tangan mereka untuk membantu Muhajirin sepenuhnya.

Siapa saja yang dipersaudarakan Nabi saw.? Ketika itu, Rasulullah saw. mempersaudarakan puluhan orang. Misalnya mempersaudarakan Abu Bakar dengan Kharijah bin Zaid, Umar bin Khattab dengan Usman bin Malik, Usman bin Affan dengan Aus bin Sabit, Talhah bin Abdillah dengan Kaab bin Malik, Hamzah bin Abdul Muttalib dengan Zaid bin Harisah, Ammar bin Yasir dengan Huzaifah bin al-Yaman dan Salman al-Farisy dengan Abu al-Dardara.

Persaudaraan antar kaum Muslim yang dijalin Rasulullah saw. bukan hanya memberi bantuan dari orang kaya kepada yang tidak punya. Persaudaraan ini juga menghapus perbedaan akibat pelecehan terhadap sesama. Rasulullah saw. misalnya mempersudarakan Zaid bin Harisah, bekas hamba sahaya, dengan Hamzah bin Abdul Muttalib, seorang tokoh utama Quraisy. 

Persaudaraan yang dijalin dan bantuan kaum Ansar tidak membuat Muhajirin berpangku tangan dan bermalas-malasan. Muhajirin tetap berusaha untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari mereka.

Soal

Aktifitas Kelompok!
  1. Buatlah  peta konsep tentang Persaudaraan Kaum Muhajirin dan Ansar bersama kelompok kecilmu! Kalian dapat berkreasi dalam bentuk, warna, tulisan atau gambar. Kalian dapat menggunakan beragam media: kertas bekas, kertas karton, atau paparan menggunakan teknologi informasi.
  2. Paparkan hasil belajar kelompokmu!

Kunci Jawaban

Berikut contoh peta konsep yang bisa menjadi salah satu referensi untuk sobat guru. Sobat guru dapat menambah kreasi yang sobat guru inginkan. Dengan mengubah bentuk, warna, tulisan, atau menambahkan gambar.


Demikian pembahasan dan kunci jawaban membuat peta konsep persaudaraan kaum muhajirin dan ansar pada bab Kisah Nabi Muhammad saw membangun Kota Madinah PAI SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Semoga pembahasan diatas dapat membantu sobat guru dalam belajar. Semoga bermanfaat!

Disclaimer:

Kunci Jawaban di atas hanya sebagai bantuan belajar bukan sebagai acuan utama dan satu satunya. Oleh sebab itu kunci jawaban di atas tidak mutlak kebenarannya dan bisa berbeda dengan sumber lain.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Peta Konsep Persaudaraan Kaum Muhajirin dan Ansar, Aktifitas Kelompok PAI SD Kelas 4 Halaman 178 Kurikulum Merdeka"