Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Peta Konsep Surat At-Tin dan Pesan Pokok Surat At-Tin, Aktifitasku PAI SD Kelas 4 BAB 6 Halaman 109 Kurikulum Merdeka

 


Artikelguru.my.id - Halo Sobat guru, kali ini kita akan membahas kunci jawaban peta konsep surat at-tin dan pesan pokok surat at-tin.

Soal yang akan kita bahas kali ini bisa ditemukan pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 BAB 6 Halaman 109 Kurikulum Merdeka.

Sebelumnya, sobat guru bisa membaca materi isi surat at-tin . Setelah membaca materi, diharapkan dapat mengetahui pengertian, urutan surat, jenis surat dan pesan pokok surat at-tin.

Berikut pembahasan dan kunci jawaban peta konsep surat at-tin dan pesan pokok surat at-tin. Mari kita simak bersama!

Pembahasan

Surah at-Tīn adalah surah ke-95 dalam Al-Qur’an terdiri atas 8 ayat. Surah ini termasuk surah Makkiyah atau surah yang diturunkan ketika Rasul saw. berada di periode Mekkah atau sebelum hijrah.

Para ulama menamai surah ini dengan at-Tīn atau Wa at-Tīn. Nama at-Tīn terambil dari kata pada ayat pertama surah ini. At-Tīn artinya buah tin.

Buah Tin dan Zaitun banyak tumbuh di Syam (sekarang negara Palestina, Suriah, Yordania dan Lebanon) dan Baitul Maqdis (Yerusalem Palestina), tempat para nabi diutus, antara lain Nabi Isa a.s. Gunung Sinai di Mesir adalah tempat Nabi Musa a.s. bermunajat. Sedangkan Makkah adalah tempat kelahiran dan pengutusan Nabi Muhammad saw. Ketiga nabi ini memiliki misi yang sama, yaitu mengajak manusia menuju tauhid atau mengesakan Allah.

Allah telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya, jauh lebih sempurna daripada hewan. Allah juga membekali manusia dengan akal dan sifat-sifat yang unggul. Dengan kelebihan-kelebihan itulah Allah memberikan amanat kepada manusia sebagai pemimpin di bumi. Manusia sebagai pemimpin bertugas untuk melestarikan bumi.

Bila manusia durhaka kepada Allah dan tidak menaati utusan-Nya, maka akan dikembalikan ke tempat yang serendah-rendahnya, yaitu ke neraka. Tubuh sempurna yang dilengkapi akal namun durhaka, tidak akan menyelamatkan manusia dari azab Allah.

Orang-orang yang benar-benar beriman dan mengerjakan kebajikan akan dibalas dengan pahala yang tidak ada putus-putusnya dan diselamatkan dari neraka.

Allah menciptakanmu dengan bentuk yang sempurna. Melewati berbagai tahap dari bayi, anak, kemudian akan menjadi remaja, dewasa, tua, hingga meninggal. Itu merupakan bukti yang paling jelas tentang kekuasaan Allah. Dia Mahakuasa untuk membangkitkanmu dari kematian. Maka, apa yang menyebabkan mereka mendustakanmu tentang hari pembalasan yaitu hari kiamat setelah adanya keterangan-keterangan yang gamblang itu.

Soal

Aktifitasku
Buatlah peta konsep pesan pokok surah at-Tīn bersama kelompokmu! Kalian dapat berkreasi dalam bentuk, warna, tulisan atau gambar atau paparan menggunakan teknologi informasi.
Presentasikan di depan kelasmu!

Kunci Jawaban

Berikut contoh peta konsep yang dapat dijadikan referensi untuk sobat guru. Sobat guru juga dapat menambah kreasi dengan mengubah warna bentuk, tulisan, atau menambahkan gambar.

Demikian pembahasan dan kunci jawaban peta konsep surat at-tin dan pesan pokok surat at-tin. PAI SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Semoga pembahasan diatas dapat membantu sobat guru dalam belajar. Semoga bermanfaat!

Disclaimer:

Kunci Jawaban di atas hanya sebagai bantuan belajar bukan sebagai acuan utama dan satu satunya. Oleh sebab itu kunci jawaban di atas tidak mutlak kebenarannya dan bisa berbeda dengan sumber lain.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Peta Konsep Surat At-Tin dan Pesan Pokok Surat At-Tin, Aktifitasku PAI SD Kelas 4 BAB 6 Halaman 109 Kurikulum Merdeka"