Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Peta Konsep tentang Munafik, Aku Anak Saleh PAI SD Kelas 4 Halaman 145 Kurikulum Merdeka

 



Artikelguru.my.id - Halo Sobat guru, kali ini kita akan membahas kunci jawaban aktifitas kelompok peta konsep munafik, Aku Anak Saleh.

Soal yang akan kita bahas kali ini bisa ditemukan pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 BAB 8 Halaman 139 Kurikulum Merdeka.

Sebelumnya, sobat guru bisa membaca materi mengenai munafik terlebih dahulu. Setelah membaca materi, diharapkan dapat membuat peta konsep mengenai bagaimana sikap kita jika berkata, bagaimana jika berjanji, bagaimana jika mendapat amanah, apa arti munafik, dan apa ciri orang munafik.

Berikut pembahasan dan kunci jawaban materi munafik, pada bab aku anak saleh. Mari kita simak bersama!

Pembahasan

Anak-Anak, kalian telah belajar tentang senang menolong orang lain. Allah Swt. memerintahkan kita untuk saling menolong dalam kebaikan dan takwa dan melarang kita untuk saling menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Salah satu sikap yang mengakibatkan dosa dan harus dihindari yaitu munafik.

Anak-Anak, Rasulullah menjadi teladan dan contoh bagi kita. Beliau selalu berkata jujur dan menepati janji. 

Jujur merupakan salah satu sifat terpuji yang disukai oleh Allah. Jujur artinya lurus hati, tidak berbohong, atau berkata apa adanya. Jujur juga berarti tidak curang, misalnya dalam permainan, atau menuruti aturan yang berlaku. 

Jujur harus dilakukan dalam perkataan maupun perbutanan. Jujur dalam perkataan berarti mengatakan yang sebenarnya, tidak mengada-ada. Jujur dalam perbuatan berarti mengerjakan sesuatu menuruti petunjuk atau aturan yang berlaku.

Ketika berjanji, kalian juga harus berkata jujur. Jika kalian berjanji dengan teman atau siapa saja, biasakanlah mengucapkan insyaallah. Insyaallah artinya jika Allah berkehendak. Ucapan insyaallah bertujuan mengingatkan pengucap untuk bertekad bulat dan bersiap untuk mewujudkan janji. 

Pada saat yang sama, pengucap janji dan seseorang yang dijanjikan menyadari bahwa ia tidak mandiri dalam mewujudkan janjinya. Ada banyak hal yang bisa menjadi sebab tidak terlaksananya janji, misalnya sakit atau hujan (cuaca buruk). Orang yang mengucapkan insyaallah menyadari bahwa hanya Allah Swt. yang dapat mengantar terlaksananya janji.

Rasulullah saw. juga selalu menjaga amanah. Amanah artinya sesuatu yang dipercayakan atau dititipkan pada orang lain. Amanah juga berarti keamanan dan ketenteraman. Orang yang mendapat amanah memiliki sifat dapat dipercaya dan setia. Dengan demikian, amanah diserahkan oleh pemiliknya kepada orang yang dipercaya akan memelihara amanah itu. Apa yang diserahkan itu aman di tangan penerima amanah.

Soal

Aktifitas kelompok!
  1. Buatlah peta konsep tentang munafik bersama kelompok kecilmu! Kalian dapat berkreasi dalam bentuk, warna, tulisan atau gambar. Kalian dapat menggunakan beragam media: kertas bekas, kertas karton, atau paparan menggunakan teknologi informasi
  2. Paparkan hasil belajar kelompokmu!

Kunci Jawaban

Berikut contoh peta konsep yang bisa menjadi salah satu referensi untuk sobat guru. Sobat guru dapat menambah kreasi yang sobat guru inginkan. Dengan mengubah bentuk, warna, tulisan, atau menambahkan gambar.

Demikian pembahasan dan kunci jawaban membuat peta konsep materi munafik pada bab Aku Anak Saleh PAI SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Semoga pembahasan diatas dapat membantu sobat guru dalam belajar. Semoga bermanfaat!

Disclaimer:

Kunci Jawaban di atas hanya sebagai bantuan belajar bukan sebagai acuan utama dan satu satunya. Oleh sebab itu kunci jawaban di atas tidak mutlak kebenarannya dan bisa berbeda dengan sumber lain.



Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Peta Konsep tentang Munafik, Aku Anak Saleh PAI SD Kelas 4 Halaman 145 Kurikulum Merdeka"