Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Senang Menolong Orang Lain, Aktifitas Kelompok PAI SD Kelas 4 Halaman 139 Kurikulum Merdeka

 



Artikelguru.my.id - Halo Sobat guru, kali ini kita akan membahas kunci jawaban aktifitas kelompok, senang menolong orang lain pada bab Aku Anak Saleh.

Soal yang akan kita bahas kali ini bisa ditemukan pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 BAB 8 Halaman 139 Kurikulum Merdeka.

Sebelumnya, sobat guru bisa membaca materi mengenai tolong menolong dengan orang lain. Setelah membaca materi, diharapkan dapat memahaminya.

Berikut pembahasan dan kunci jawaban aktifitas kelompok, senang menolong orang lain. Mari kita simak bersama!

Pembahasan

Anak-Anak, kita senang jika memiliki sahabat. Kita hidup bertetangga. Kita juga berada di tengah masyarakat. Seyogyanya kita hidup saling menolong. 

Rasul saw. memberikan teladan dan contoh. Beliau selalu membantu orang yang membutuhkan pertolongan. Beliau juga menjenguk anak tetangganya yang sakit. Padahal tetangganya itu berbeda agama dan sangat membenci Nabi.

Allah Swt. juga memerintahkan kita untuk saling menolong. Allah berfirman:

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. (Q.S. Al-Maidah/5: 2)

Allah Swt. memerintahkan kita untuk saling menolong dalam kebaikan dan takwa. Saling menolong dalam kebaikan berarti saling menolong dalam melakukan yang diperintahkan Allah. Saling menolong dalam takwa berarti saling menolong untuk takut kepada larangan-Nya. Allah Swt. melarang kita untuk saling menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan.

Soal

Aktifitas Kelompok!

Diskusikan dengan kelompok kecilmu! Pilihlah salah satu soal!

  1. Widya beragama Islam. Ia mempunyai saudara yang beragama Kristen. Saudaranya suka memberi hadiah. Widya tidak tahu apakah boleh menerima hadiah atau tidak. Bisakah kalian membantu bagaimana Widya bersikap.
  2. Nurahmadani beragama Islam. Ia bersaudara dengan Wayan Kartini yang beragama Hindu. Ketika musim hujan, rumah Wayan Kartini kebanjiran. Nurahmadani kurang mengerti apakah boleh membantu Wayan Kartini. Bisakah kalian membantu bagaimana Nurahmadani bersikap?

Kemudian paparkan hasil belajar kelompokmu!

Kunci Jawaban

  1. Yang sebaiknya Widya lakukan adalah menerima pemberian dari saudaranya walaupun mereka berbeda agama, karena saling memberi hadiah adalah perilaku yang baik dan dianjurkan agama. Kamu boleh menghadiahi teman atau saudaramu yang berbeda agama. Kamu juga boleh menerima hadiah dari temanmu yang berbeda agama. Hadiah yang kamu terima dari saudaramu yang beragama Kristen boleh kamu terima asalkan kamu tetap percaya bahwa Nabi Isa adalan Nabi yang diutus Allah, bukan Tuhan, juga bukan anak Tuhan.
  2. Yang sebaiknya Nurahmadani lakukan adalah membantu Wayan Kartini walaupun mereka berbeda agama, agamapun memperbolehkan dan menganjurkan umatnya untuk saling tolong menolong selama saling membantu dalam kebaikan dan takwa. Kamu boleh membantu temanmu yang sedang terkena musibah, walaupun berbeda agama. Bukahkah Rasul juga menjenguk anak tetangganya yang sedang sakit padahal berbeda agama.

Demikian pembahasan dan kunci jawaban mengenai tolong menolong PAI SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Semoga pembahasan diatas dapat membantu sobat guru dalam belajar. Semoga bermanfaat!

Disclaimer:

Kunci Jawaban di atas hanya sebagai bantuan belajar bukan sebagai acuan utama dan satu satunya. Oleh sebab itu kunci jawaban di atas tidak mutlak kebenarannya dan bisa berbeda dengan sumber lain.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Senang Menolong Orang Lain, Aktifitas Kelompok PAI SD Kelas 4 Halaman 139 Kurikulum Merdeka"