Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Uji Pemahaman, Kalian dan Shinta IPAS SD Kelas 4 Halaman 61-62 Kurikulum Merdeka

 Artikelguru.my.id - Kunci Jawaban Uji Pemahaman IPAS SD Kelas 4 Halaman 61-62 Kurikulum Merdeka. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas kunci jawaban Uji Pemahaman, Kalian dan Shinta dari buku IPAS atau Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial SD Kelas 4 Halaman 61-62 Kurikulum Merdeka.

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam membentuk masa depan generasi muda Indonesia. Oleh karena itu, Kurikulum Merdeka hadir sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Dalam Kurikulum Merdeka, terdapat berbagai materi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, salah satunya adalah materi IPAS untuk SD kelas 4.

Pada Bab 2 Wujud Zat dan Perubahannya halaman 61-62 buku teks Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD kelas 4, terdapat pertanyaan tentang Uji Pemahaman, Kalian dan Shinta yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan Siswa.

Namun, seringkali siswa dan orang tua siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan latihan tersebut karena tidak mengetahui jawaban yang tepat. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas kunci jawaban tentang PUji Pemahaman, Kalian dan Shinta Materi IPAS SD Kelas 4 Halaman 61-62 Kurikulum Merdeka.

Dengan mengetahui kunci jawaban, diharapkan siswa dapat memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan dan meningkatkan pemahaman mereka. Mari kita simak bersama-sama!

Uji Pemahaman

1. Kalian dan Shinta ingin membuat es dari jus mangga yang baru saja ia buat. Tetapi sayangnya Shinta kebingungan bagaimana caranya. Berdasarkan ilmu yang sudah kalian dapatkan setelah mempelajari bab ini, berikan saran pada Shinta, apa yang harus ia lakukan!

2. Kalian dan Shinta berhasil membuat es mangga! Kalian mengambil sepotong es mangga dan mulai menikmatinya. Tidak lama kemudian ibu Shinta memanggil dan meminta tolong Shinta untuk mengambil pakaian yang sedang dijemur. Shinta meletakkan es di dalam gelas yang ada di hadapan kalian.

Beberapa menit kemudian kalian melihat es mangga yang ada di gelas Shinta berubah menjadi cair. Shinta datang dan menangis karena esnya tidak padat lagi. Menurut kalian mengapa hal itu bisa terjadi? Coba jelaskan kepada Shinta mengapa bisa terjadi hal itu.

3. Ah, tidak! Kapur barus yang baru saja kalian beli terinjak dan hancur menjadi berbentuk serpihan dan serbuk.


Padahal kalian baru saja berjanji pada ibu kalian untuk membawakan kapur barus yang utuh. Sekarang serbuk kapur barus itu bercampur dengan pasir yang ada di tanah. Menurut kalian, apa yang harus dilakukan agar bisa memisahkan campuran kapur barus dari campuran pasir?

Jawaban:
1. Untuk membuat es dari jus mangga, Shinta dapat menuangkan jus mangga yang sudah dibuat ke dalam wadah es krim atau plastik, lalu dimasukkan ke dalam freezer. Pastikan wadah tersebut telah ditutup rapat dan dibiarkan dalam freezer selama beberapa jam hingga jus mangga membeku dan berubah menjadi es. Setelah itu, Shinta dapat mengambil es tersebut dari wadah dan menyajikannya.

2. Hal itu terjadi karena es mangga yang diletakkan di dalam gelas telah meleleh akibat panas dari udara sekitarnya. Udara di sekitar es tersebut memiliki suhu yang lebih tinggi dari suhu es, sehingga es akan mencair dan menjadi cairan kembali. Jika ingin menjaga agar es tetap padat, sebaiknya diletakkan di dalam wadah tertutup atau diletakkan dalam freezer lagi.

3. Untuk memisahkan campuran kapur barus dari campuran pasir, dapat dilakukan dengan menggunakan metode pemisahan fisika seperti penyaringan. Pertama-tama, campuran kapur barus dan pasir dapat dicampur dengan air, sehingga kapur barus akan larut dalam air sedangkan pasir tidak. Setelah itu, larutan tersebut dapat disaring menggunakan kain kasa atau filter untuk memisahkan pasir dari larutan kapur barus. Selanjutnya, larutan kapur barus dapat diendapkan hingga airnya menguap dan sisa kapur barus dapat diambil kembali.

Penutup

Dengan demikian, pembahasan mengenai Kunci Jawaban IPAS SD kelas 4 dengan pembahasan Uji Pemahaman Kalian dan Shinta dari halaman 61-62 Kurikulum Merdeka telah selesai.

Semoga pembahasan ini dapat membantu meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam mempelajari IPAS. Terima kasih telah membaca dan semoga sukses selalu!

Disclaimer

  • Informasi yang disediakan sebagai kunci jawaban adalah sebagai acuan dan bantuan belajar semata.
  • Setiap informasi yang disediakan tidak menjamin keakuratan atau kelengkapan dan tidak boleh digunakan sebagai satu-satunya sumber informasi.
  • Penggunaan informasi yang disediakan sebagai kunci jawaban adalah sepenuhnya tanggung jawab pengguna.
  • Tidak bertanggung jawab atas kerugian atau konsekuensi apa pun yang diakibatkan oleh penggunaan informasi yang disediakan sebagai kunci jawaban.
  • Mendorong Siswa untuk selalu memverifikasi informasi dengan sumber yang terpercaya.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Uji Pemahaman, Kalian dan Shinta IPAS SD Kelas 4 Halaman 61-62 Kurikulum Merdeka"