Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Saling Tolong Menolong, Kunci Jawaban Aktifitas Kelompok Aku Anak Saleh PAI SD Kelas 4 BAB 8 Halaman 137 Kurikulum Merdeka

 


Artikelguru.my.id - Halo Sobat guru, kali ini kita akan membahas kunci jawaban aktifitas Kelompok Aku Anak Saleh tentang pentingnya tolong menolong.

Soal yang akan kita bahas kali ini bisa ditemukan pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 BAB 8 Halaman 137 Kurikulum Merdeka.

Tolong menolong merupakan salah satu perilaku yang dapat menjadikan kita saling menyayangi. Kita senang jika memiliki sahabat. Kita hidup bertetangga. Kita juga berada di tengah masyarakat. Seyogyanya kita hidup saling menolong. Rasul saw. memberikan teladan dan contoh. Beliau selalu membantu orang yang membutuhkan pertolongan. Beliau juga menjenguk anak tetangganya yang sakit. Padahal tetangganya itu berbeda agama dan sangat membenci Nabi.

Allah Swt. memerintahkan kita untuk saling menolong dalam kebaikan dan takwa. Saling menolong dalam kebaikan berarti saling menolong dalam melakukan yang diperintahkan Allah. Saling menolong dalam takwa berarti saling menolong untuk takut kepada larangan-Nya. Allah Swt. melarang kita untuk saling menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan.

Soal

  1. Bagaimana sikap kalian jika ada teman atau orang lain yang sedang membutuhkan pertolongan?
  2. Mengapa kita perlu saling tolong menolong?

Kunci Jawaban

  1. Sikap yang kita lakukan ketika ada teman atau orang lain sedang membutuhkan adalah membantunya, selagi kita mampu.
  2. Kita perlu saling tolong menolong karena tolong menolong merupakan salah satu perilaku yang dapat menjadikan kita saling menyayangi satu sama lain. Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan satu sama lain.

Penutup

Demikian pembahasan dan kunci jawaban mengenai pentingnya saling tolong menolong PAI SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Semoga pembahasan diatas dapat membantu sobat guru dalam belajar. Semoga bermanfaat!

Disclaimer:

Kunci Jawaban di atas hanya sebagai bantuan belajar bukan sebagai acuan utama dan satu satunya. Oleh sebab itu kunci jawaban di atas tidak mutlak kebenarannya dan bisa berbeda dengan sumber lain.

Posting Komentar untuk "Pentingnya Saling Tolong Menolong, Kunci Jawaban Aktifitas Kelompok Aku Anak Saleh PAI SD Kelas 4 BAB 8 Halaman 137 Kurikulum Merdeka"