Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Percobaan Energi Potensial pada Lilin, Kunci Jawaban IPAS SD Kelas 4 Halaman 106-107 Kurikulum Merdeka

 Artikelguru.my.id - Percobaan Energi Potensial pada Lilin Kunci Jawaban IPAS SD Kelas 4 Halaman 106-107 Kurikulum Merdeka. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas kunci jawaban tentang energi potensial pada lilin dan korek api dari buku IPAS atau Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial SD Kelas 4 Halaman 106-107 Kurikulum Merdeka.

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam membentuk masa depan generasi muda Indonesia. Oleh karena itu, Kurikulum Merdeka hadir sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Dalam Kurikulum Merdeka, terdapat berbagai materi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, salah satunya adalah materi IPAS untuk SD kelas 4.

Pada Bab 4 Mengubah Bentuk Energi halaman 106-107 buku teks Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD kelas 4, terdapat pertanyaan Energi apa yang tersimpan oleh batang lilin dan korek api? yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan Siswa.

Namun, seringkali siswa dan orang tua siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan latihan tersebut karena tidak mengetahui jawaban yang tepat. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas kunci jawaban tentang energi potensial pada lilin dan korek api Materi IPAS SD Kelas 4 Halaman 106-107 Kurikulum Merdeka.

Dengan mengetahui kunci jawaban, diharapkan siswa dapat memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan dan meningkatkan pemahaman mereka. Mari kita simak bersama-sama!

Energi Potensial pada Lilin

Alat dan bahan

1. Lilin 1 batang.

2. Korek api.

3. Wadah untuk menyimpan lilin.

Keamanan

Harap berhati-hati saat melakukan percobaan dengan api. Selalu fokus dan ikuti instruksi. Minta bantuan guru kalian jika merasa kesulitan.

Langkah Percobaan

1. Nyalakan lilin dengan korek api dan simpan pada wadah lilin.

2. Setelah melakukan percobaan jawablah pertanyaan berikut pada buku tugas.

a. Energi apa yang tersimpan oleh batang lilin dan korek api?

b. Jika keduanya dalam keadaan mati, apakah kalian melihat energi dari benda ini?

c. Energi apa yang terbentuk saat korek api dan lilin dinyalakan?

d. Transformasi energi apa yang terjadi pada kegiatan ini?

3. Matikan lilin dan catat hasil diskusi pada buku tugas

Jawaban:

a. Ketika korek api dan batang lilin dinyalakan, energi kimia tersimpan dalam korek api dan batang lilin dirilis dalam bentuk panas dan cahaya.

b. Jika keduanya dalam keadaan mati atau tidak menyala, tidak ada energi yang dapat dilihat dari benda ini.

c. Saat korek api dan lilin dinyalakan, energi kimia dalam korek api dan lilin diubah menjadi energi panas dan cahaya. Reaksi kimia yang terjadi saat pembakaran menghasilkan gas karbon dioksida dan uap air.

d. Transformasi energi yang terjadi pada kegiatan ini adalah transformasi energi kimia menjadi energi panas dan cahaya. Energi kimia dalam korek api dan lilin diubah menjadi energi panas dan cahaya saat terjadi reaksi kimia yang disebut pembakaran.

Penutup

Dengan demikian, pembahasan mengenai Kunci Jawaban IPAS SD kelas 4 dengan pembahasan Energi Potensial dari halaman 106-107 Kurikulum Merdeka telah selesai.

Semoga pembahasan ini dapat membantu meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam mempelajari IPAS. Terima kasih telah membaca dan semoga sukses selalu!

Disclaimer

  • Informasi yang disediakan sebagai kunci jawaban adalah sebagai acuan dan bantuan belajar semata.
  • Setiap informasi yang disediakan tidak menjamin keakuratan atau kelengkapan dan tidak boleh digunakan sebagai satu-satunya sumber informasi.
  • Penggunaan informasi yang disediakan sebagai kunci jawaban adalah sepenuhnya tanggung jawab pengguna.
  • Tidak bertanggung jawab atas kerugian atau konsekuensi apa pun yang diakibatkan oleh penggunaan informasi yang disediakan sebagai kunci jawaban.
  • Mendorong Siswa untuk selalu memverifikasi informasi dengan sumber yang terpercaya.

Posting Komentar untuk "Percobaan Energi Potensial pada Lilin, Kunci Jawaban IPAS SD Kelas 4 Halaman 106-107 Kurikulum Merdeka"