Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ceritakan Pengalaman Kalian Mendirikan Salat Tahajud, Kunci Jawaban Aktivitas Kelompok PAI SD Kelas 4 Bab 9 Halaman 164 Kurikulum Merdeka

 


Artikelguru.my.id - Halo Sobat guru, kali ini kita akan membahas kunci jawaban materi salat tahajud mengenai pengalaman mendirikan salat tahajud di rumah.

Soal yang akan kita bahas kali ini bisa ditemukan pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 Bab 9 Halaman 164 Kurikulum Merdeka.

Salat tahajud adalah salah satu salat sunah yang dilakukan pada malam hari. Salat Tahajud dilakukan paling sedikit dua rakaat dan paling banyak tidak terbatas. Salat Tahajud diakhiri dengan salat Witir (salat dengan bilangan rakaat ganjil). Nabi saw. mengerjakan salat Tahajud tidak lebih dari 11 atau 13 rakaat dengan salat Witir.

Salat tahajud hampir sama dengan salat taraweh. Yang membedakan adalah waktunya salat taraweh dilakukan di bulan ramadan dan biasanya dilaksanakan setelah salat isya. Sedangkan salat tahajud dilakukan di hari biasa di sepertiga malam.

Salat Tahajud termasuk salat sunah muakkad. Salat Tahajud termasuk salat yang tidak pernah ditinggalkan Nabi saw. Nabi saw. memiliki kebiasaan tidur di awal malam setelah salat Isya. Beliau bangun di pertengahan malam untuk melakukan salat Tahajud. Nabi saw. ditanya seseorang, “Salat manakah yang paling utama setelah salat yang diwajibkan (salat lima waktu).” Rasulullah saw. menjawab, “Salat Tahajud.” (H.R. Muslim dari Abu Hurairah r.a.)

Aktifitas Kelompok

Ceritakan pengalaman kalian mendirikan salat Tahajud!

Jawab : 

Pengalaman mendirikan salat tahajud, Aku bangun pukul 03.00 dini hari dan langsung mengambil air wudhu. Kemudian aku melaksanakan salat tahajud dengan diawali niat, kemudian aku salat delapan rakaat dengan 2 salam. Lalu aku melanjutkan dengan salat witir 3 rakaat. Setelah itu aku memohon ampun kepada Allah atas segala kesalahan yang aku perbuat dan berdo'a kepada Allah segala yang aku inginkan.

Penutup

Demikian pembahasan dan kunci jawaban materi materi salat tahajud mengenai pengalaman mendirikan salat tahajud di rumah PAI SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Semoga pembahasan diatas dapat membantu sobat guru dalam belajar. Semoga bermanfaat!

Disclaimer:

Kunci Jawaban di atas hanya sebagai bantuan belajar bukan sebagai acuan utama dan satu satunya. Oleh sebab itu kunci jawaban di atas tidak mutlak kebenarannya dan bisa berbeda dengan sumber lain.

Posting Komentar untuk "Ceritakan Pengalaman Kalian Mendirikan Salat Tahajud, Kunci Jawaban Aktivitas Kelompok PAI SD Kelas 4 Bab 9 Halaman 164 Kurikulum Merdeka"