Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Bacaan Tajwid Pada Q.S Al-Hujurat Ayat 13, Kunci Jawaban Aktifitas Kelompok PAI SD Kelas 4 Bab 1 Halaman 5 Kurikulum Merdeka

 


Artikelguru.my.id - Halo Sobat guru, kali ini kita akan membahas kunci jawaban aktifitas kelompok mengenai contoh bacaan tajwid pada Q.S Al-Hujurat Ayat 13.

Soal yang akan kita bahas kali ini bisa ditemukan pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 Bab 1 Halaman 5 Kurikulum Merdeka.

Sebelumnya, sobat guru bisa membaca materi mengenai tujuan hukum bacaan gunnah, qalqalah, dan mad. Setelah membaca materi, diharapkan dapat mengetahui hukum bacaan gunnah, qalqalah, dan mad.

Berikut pembahasan dan kunci jawaban hukum bacaan gunnah, qalqalah, dan mad pada Q.S Al-Hujurat Ayat 13. Mari kita simak bersama!

Hukum Ghunnah

Hukum bacaan ghunnah adalah wajib dibaca mendengung jika ada nun dan mim mati atau sukun. Selain itu wajib juga dibaca dengung apabila ada nun dan mim yang bertasydid yang disebut sebagai hukum bacaan ghunnah musyaddadah. Panjang ghunnah yaitu 1 alif atau 2 harakat/ketukan.

Hukum Mad

Istilah “Mad” menurut bahasa berarti “panjang” atau “tambahan”. Sedangkan menurut istilah ‘Mad berarti memanjangkan suara pada saat harokat huruf bertemu dengan huruf mad. Huruf mad diantaranya adalah alif ( ا ) , wawu ( و ) dan ya’ ( ي ).

Hukum Qalqalah

Qalqalah yaitu melafalkan huruf-huruf tertentu dalam satu kalimat dengan suara memantul pada makhraj atau tempat keluarnya huruf.

Aktifitas Kelompok

Tentukan contoh bacaan tajwid pada Q.S Al-Hujurat Ayat 13:

Hukum Ghunnah:

 يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ    Terdapat nun bertasydid.

إِنَّا خَلَقْنَٰكُم    Terdapat nun bertasydid.

إِنَّ أَكْرَمَكُمْ    Terdapat nun bertasydid.

إِنَّ ٱللَّهَ    Terdapat nun bertasydid.

Hukum Mad

مِّن ذَكَرٍ وَأُنثَىٰ    Terdapat Fathah pada tsa dibaca 2 harokat.

وَجَعَلْنَٰكُمْ     Terdapat Fathah pada na dibaca 2 harokat.

شُعُوبًا     Terdapat Fathah pada ba bertemu alif

وَقَبَآئِلَ  Terdapat Fathah pada ba bertemu alif.

عَلِيمٌ خَبِيرٌ     Terdapat Kaasrah pada ba bertemu ya.

عِندَ ٱللَّهِ أَتْقَىٰكُمْ  Terdapat Fathah pada qaf dibaca 2 harokat.

لِتَعَارَفُوٓا۟ ۚ     Terdapat Fathah pada ngain bertemu alif dan sukun pada fa bertemu wawu.

Hukum Qalqalah

خَلَقْنَٰكُم     Terdapat huruf qaf berharokat sukun.

Penutup

Demikian pembahasan dan kunci jawaban aktifitas kelompok mengenai contoh bacaan tajwid pada Q.S Al-Hujurat Ayat 13 PAI SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Semoga pembahasan diatas dapat membantu sobat guru dalam belajar. Semoga bermanfaat!

Disclaimer:

Kunci Jawaban di atas hanya sebagai bantuan belajar bukan sebagai acuan utama dan satu satunya. Oleh sebab itu kunci jawaban di atas tidak mutlak kebenarannya dan bisa berbeda dengan sumber lain.

Posting Komentar untuk "Contoh Bacaan Tajwid Pada Q.S Al-Hujurat Ayat 13, Kunci Jawaban Aktifitas Kelompok PAI SD Kelas 4 Bab 1 Halaman 5 Kurikulum Merdeka"