Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keistimewaan Hari Jum'at, Kunci Jawaban Aktifitas Kelompok PAI SD Kelas 4 BAB 9 Halaman 153 Kurikulum Merdeka

 

Artikelguru.my.id - Halo Sobat guru, kali ini kita akan membahas kunci jawaban aktifitas kelompok mengenal sholat jum'at, duha, dan tahajud mengenai keistimewaan hari jum'at.

Soal yang akan kita bahas kali ini bisa ditemukan pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 BAB 9 Halaman 153 Kurikulum Merdeka. 

Rasulullah saw. bersabda bahwa “Hari Jumat adalah tuannya semua hari dan hari yang paling agung. Bahkan bagi Allah, hari Jumat lebih agung dari pada hari raya Idulfitri dan Iduladha.” Inilah keistimewaan hari Jumat. Pada malam dan siang hari Jumat, kita dianjurkan untuk membaca surah al-Kahfi. Kita juga dianjurkan untuk memperbanyak membaca selawat kepada Nabi saw.

Jawablah Pertanyaan Berikut!

Aktifitas Kelompok

1. Menurut kalian, apa keistimewaan hari Jumat? Ceritakan pengalamanmu kegiatan pada malam dan siang hari Jumat!
Jawab: Rasulullah saw. bersabda bahwa “Hari Jumat adalah tuannya semua hari dan hari yang paling agung. Bahkan bagi Allah, hari Jumat lebih agung dari pada hari raya Idulfitri dan Iduladha.” Inilah keistimewaan hari Jumat. Pada malam dan siang hari Jumat, kita dianjurkan untuk membaca surah al-Kahfi. Kita juga dianjurkan untuk memperbanyak membaca selawat kepada Nabi saw.

2. Untuk peserta didik laki-laki, ceritakan pengalamanmu melakukan salat Jumat!
a. Apa saja persiapan yang kalian lakukan sebelum salat Jumat?
Jawab: Mandi, memakai pakaian yang terbaik, memakai wangi-wangian.

b. Bagaimana tata cara salat Jumat di sekitar tempat tinggalmu?
Jawab: Ketika memasuki waktu dzuhur muadzin mengumandangkan adzan, kemudian khatib menyampaikan khutbah, setelah khutbah selesai muadzin mengumandangkan ikamah, lalu melaksanakan sholat dua rakaat.

c. Menurut perkiraanmu, berapa banyak orang yang melakukan salat Jumat di sekitar tempat tinggalmu?
Jawab:  Jamaah yang sholat di sekitar rumahku kurang lebih 50 orang.

d. Pernahkan kalian mengikuti salat Jumat dengan cara yang berbeda? Ceritakan kapan, di mana dan bagaimana perbedaannya?
Jawab: Tidak pernah.

3. Untuk peserta didik perempuan, ceritakan pengalamanmu jika orang laki-laki melaksanakan salat Jumat! Apa yang kalian lakukan?
Jawab: Jika peserta didik laki-laki sedang melaksanakan sholat jum'at peserta didik perempuan biasanya dikumpulkan untuk keputrian membahas hal-hal mengenai perempuan.

Penutup

Demikian kunci jawaban aktifitas kelompok mengenal sholat jum'at, duha, dan tahajud mengenai keistimewaan hari jum'at PAI SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Semoga pembahasan diatas dapat membantu sobat guru dalam belajar. Semoga bermanfaat!

Disclaimer:

Kunci Jawaban di atas hanya sebagai bantuan belajar bukan sebagai acuan utama dan satu satunya. Oleh sebab itu kunci jawaban di atas tidak mutlak kebenarannya dan bisa berbeda dengan sumber lain.

Posting Komentar untuk "Keistimewaan Hari Jum'at, Kunci Jawaban Aktifitas Kelompok PAI SD Kelas 4 BAB 9 Halaman 153 Kurikulum Merdeka"