Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Aktifitas Kelompok Kegiatan Bersama Sahabat Yang Berbeda Suku dan Agama PAI SD Kelas 4 Bab 10 Halaman 179 Kurikulum Merdeka

 


Artikelguru.my.id - Halo Sobat guru, kali ini kita akan membahas kunci jawaban aktifitas kelompok kegiatan bersama sahabat yang berbeda suku dan agama.

Soal yang akan kita bahas kali ini bisa ditemukan pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4  Bab 10 Halaman 179 Kurikulum Merdeka.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan suku dan budaya, di Indonesia sendiri juga memiliki beberapa kepercayaan/agama. Jadi kita yang tinggal di Indonesia sudah pasti hidup berdampingan dengan yang berbeda suku maupun budaya. Tapi dengan perbedaan kita juga harus saling toleransi dan saling menghargai. 

Di zaman Rasulullah saja di Kota Madinah juga bermukim penduduk beragam suku bangsa dan agama. Suku Aus dan Khazraj memeluk agama Islam. Suku Quraizah, Nadir dan Qainuqa beragama Yahudi. Di kota ini juga terdapat kaum musyrik. Keragaman dan perbedaan dapat menimbulkan perselisihan.

Namun Rasulullah menciptakan kerukunan antar penduduk Madinah yang beragam. Rasulullah saw. melakukan perjanjian antara Kaum Muslim (Muhajirin dan Ansar) dengan Yahudi sebagai penduduk Madinah. Isi perjanjian ini kemudian dikenal dengan Piagam Madinah.

Piagam Madinah berisi tentang pengakuan sebagai umat, baik sesama muslim maupun berbeda agama, yang memiliki tujuan sama. Penduduk Madinah yang beragam memiliki hak dan kewajiban yang sama. Penganiayaan harus dihindari, bahkan dihilangkan. Hukum harus ditegakkan tanpa membedakan suku dan agama.

Aktifitas Kelompok

Ceritakan pengalaman kalian melakukan kegiatan bersama sahabat yang berbeda suku dan agama!
Jawab:
Pengalamanku melakukan kegiatan bersama sahabat yang berbeda suku dan agama kita tetap bermain bersama tidak saling membeda bedakan, saling menghormati, dan saling menghargai antar sesama. Dengan perbedaan kita semakin mengerti indahnya saling menghormati dan menghargai perbedaan, kita akan tumbuh menjadi orang yang semakin bijak.

Penutup

Demikian pembahasan dan kunci jawaban aktifitas kelompok kegiatan bersama sahabat yang berbeda suku dan agama PAI SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Semoga pembahasan diatas dapat membantu sobat guru dalam belajar. Semoga bermanfaat!

Disclaimer:

Kunci Jawaban di atas hanya sebagai bantuan belajar bukan sebagai acuan utama dan satu satunya. Oleh sebab itu kunci jawaban di atas tidak mutlak kebenarannya dan bisa berbeda dengan sumber lain.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Aktifitas Kelompok Kegiatan Bersama Sahabat Yang Berbeda Suku dan Agama PAI SD Kelas 4 Bab 10 Halaman 179 Kurikulum Merdeka"