Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Aktifitas Kelompok Menjalin Ukhuwah Dengan Tetangga PAI SD Kelas 4 Bab 10 Halaman 175 Kurikulum Merdeka

 


Artikelguru.my.id - Halo Sobat guru, kali ini kita akan membahas kunci jawaban aktifitas kelompok menjalin ukhuwah dengan tetangga.

Soal yang akan kita bahas kali ini bisa ditemukan pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 Bab 10 Halaman 175 Kurikulum Merdeka.

Sebelumnya, sobat guru bisa membaca materi mengenai menjalin ukhuwah. Setelah membaca materi, diharapkan dapat mengetahui maksud menjalin ukhuwah khususnya dengan tetangga.

Berikut pembahasan dan kunci jawaban aktifitas kelompok menjalin ukhuwah dengan tetangga. Mari kita simak bersama!

Menjalin Ukhuwah

Islam merupakan agama yang menganjurkan kepada umtanya untuk senantiasa menguatkan ukhuwwah satu sama lain. Tidak hanya pada yang seagama atau seiman saja, tetapi juga termasuk yang tidak seagama dengan kita. Menjalin silaturahmi adalah salah satu kunci untuk menguatkan ukhuwwah antar sesama manusia. Dengan cara bersilaturahmi ke sanak keluarga, saudara, dan juga teman.

Persaudaraan sesama Muslim sebenarnya sudah ada sejak di Makkah. Namun, karena keadaan baru di Madinah ini, Rasulullah saw. menjalin ukhuwah (persaudaraan) antara kaum Muhajirin dan Ansar.

Ketika Rasulullah saw. dan para sahabat hijrah dari Makkah ke Madinah, tak banyak yang dapat dibawa?. Para sahabat harus rela meninggalkan harta benda mereka di Makkah. Jika ada yang membawanya, mereka dihalangi dan baru diizinkan pergi jika bersedia meninggalkan harta kekayaannya.

Persaudaraan ini menjadi penting agar tersedia kebutuhan pokok bagi pendatang baru, Muhajirin, yang tidak membawa harta kekayaan. Keahlian penduduk Makkah adalah berdagang yang membutuhkan modal. Padahal, Muhajirin tidak membawa bekal harta kekayaan. Sementara di Madinah, penduduk lebih banyak berkebun dan bertani. Selain itu, Muhajirin hanya datang sendiri atau bersama keluarga kecil ke Madinah. Mereka mungkin merasa kesepian di daerah baru.

Aktifitas Kelompok

1. Pernahkah kalian pindah tempat tinggal? Bagaimana sikap kalian
dengan tetangga baru?
Jawab : Pernah pindah tempat tinggal, sikap yang saya lakukan adalah memperkenalkan diri kepada tetangga baru dengan sikap yang ramah dan sopan. Kemudian setelah memperkenalkan diri juga harus selalu menjalin silaturahmi setiap hari dengan cara menyapa ketika bertemu dan juga saling memberi bantuan untuk selalu menjalin ukhuwah.

2. Pernahkah kalian memiliki tetangga baru? Bagaimana sikap kalian?
Jawab: Pernah memiliki tetangga baru, sikap yang saya lakukan adalah menyapa dengan sikap ramah dan sopan. Menyambutnya agar mereka merasa nyaman di lingkungan baru mereka dan agar terjalin ukhuwah antar tetangga.

Penutup

Demikian pembahasan dan kunci jawaban aktifitas kelompok menjalin ukhuwah dengan tetangga PAI SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Semoga pembahasan diatas dapat membantu sobat guru dalam belajar. Semoga bermanfaat!

Disclaimer:

Kunci Jawaban di atas hanya sebagai bantuan belajar bukan sebagai acuan utama dan satu satunya. Oleh sebab itu kunci jawaban di atas tidak mutlak kebenarannya dan bisa berbeda dengan sumber lain.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Aktifitas Kelompok Menjalin Ukhuwah Dengan Tetangga PAI SD Kelas 4 Bab 10 Halaman 175 Kurikulum Merdeka"