Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Beriman Kepada Rasul-Rasul Allah Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 Halaman 127 Kurikulum Merdeka

 


Artikelguru.my.id - Halo Sobat guru, kali ini kita akan membahas kunci jawaban materi Beriman Kepada Rasul-Rasul Alloh.

Soal yang akan kita bahas kali ini bisa ditemukan pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 bab 7 Halaman 127 Kurikulum Merdeka.

Sebelumnya, sobat guru bisa membaca materi mengenai makna iman kepada rasul-rasul Allah, Sifat-sifat rasul dan tujuan diutusnya rasul terlebih dahulu.

Pembahasan

Sobat guru dapat membaca materi makna iman kepada rasul-rasul Allah dan juga sifat-sifat rasul pada:

Makna iman kepada rasul-rasul Allah dan juga sifat-sifat rasul

Sobat guru juga dapat membaca materi tujuan diutusnya rasul pada:

Tujuan diutusnya rasul

Setelah membaca materi, diharapkan sobat guru dapat memahaminya. Berikut kunci jawaban materi beriman kepada rasul-rasul Allah pada buku PAI Kelas 4 bab 7 halaman 127 Kurikulum Merdeka.

Ayo Kerjakan
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
  1. Iman artinya percaya. Berikan contoh perbedaan percaya dan tahu!
  2. Mengapa Allah mengangkat seseorang menjadi rasul?
  3. Tuliskan contoh meneladani sifat wajib rasul!
  4. Tuliskan contoh menghindari sifat mustahil rasul!
  5. Apa tujuan diutusnya rasul?

Kunci Jawaban

  1. Perbedaan percaya dengan tahu adalah percaya berarti mengetahui dan meyakini suatu hal sedangkan tahu hanya sekedar mengetahui suatu hal. Contohnya, ada sahabatmu berkata, “Di saku celanaku ada uang sebanyak sepuluh ribu rupiah.” Hatimu membenarkan yang diucapkan sahabatmu. Itu berarti kamu percaya ada uang dalam saku. Tetapi jika sebelumnya kalian telah melihat uang itu di saku sahabatmu, lalu mendengar ucapan di atas, itu tidak dinamai percaya, tetapi tahu.
  2. Allah mengangkat seseorang menjadi rasul karena memiliki empat sifat yang baik yaitu sidik, taglig, amanah, dan fatanah.
  3. Contoh meneladani sifat wajib rasul dengan selalu berucap dan bertindak dengan benar, berani karena benar, menepati janji, menjaga titipan, dan rajin belajar. Jika sahabatmu bertanya tentang pelajaran, bantulah ia.
  4. Contoh menghindari sifat mustahil rasul dengan tidak berbuat jahat, tidak mengingkari janji, tidak menghilangkan titipan, dan tidak malas belajar.
  5. Rasul diutus untuk memberi petunjuk kepada seluruh manusia atas perintah Allah dan menyempurnakan akhlak manusia. Dengan menyampaikan pesan berupa kabar gembira dan kabar buruk. Kabar gembira bagi siapa pun yang beriman dan beramal saleh. Kabar buruk berupa peringatan agar menghindarkan diri dari amal buruk.

Demikian pembahasan dan kunci jawaban mengenai materi beriman kepada rasul-rasul Allah PAI SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka. Semoga pembahasan diatas dapat membantu sobat guru dalam belajar. Semoga bermanfaat!

Disclaimer:

Kunci Jawaban di atas hanya sebagai bantuan belajar bukan sebagai acuan utama dan satu satunya. Oleh sebab itu kunci jawaban di atas tidak mutlak kebenarannya dan bisa berbeda dengan sumber lain.


Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Beriman Kepada Rasul-Rasul Allah Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas 4 Halaman 127 Kurikulum Merdeka"